Camat Sanga-Sanga Pastikan Peringatan Peristiwa Merah Putih Ke-72 Siap Digelar

Camat Sanga-Sanga Gunawan pastikan peringatan Peristiwa Merah Putih ke-72 siap digelar tahun ini
Foto: Endi

Peringatan Peristiwa Merah Putih di kecamatan Sanga-Sanga, Kutai Kartanegara (Kukar) yang setiap tahunnya diperingati tanggal 27 Januari siap digelar kembali.

Ditemui usai pelantikan Sekda Kukar pada Rabu (23/01/2019) lalu, Camat Sanga-Sanga Gunawan mengatakan, rangkaian kegiatan diawali pada Jumat (25/01/2019), yakni sholat maghrib berjamaah dan tahlilan untuk almarhum para pejuang Sanga-Sanga.

"Kemudian tanggal 26 Januari (hari ini, red) setelah sholat subuh ada pelepasan peserta napak tilas, dilanjutkan dengan pesta rakyat dan sorenya pembukaan ekspo serta pameran, lalu malamnya renungan suci," bebernya.

Sama seperti tahun sebelumnya, Minggu (27/01/2019) besok, akan dilaksanakan upacara dan parade yang dilanjutkan dengan upacara tabur bunga di Taman Makam Pahlawan Wadah Batuah Sanga-Sanga.

"Setelah itu jam 2 siang Gubernur Kaltim akan meresmikan gedung pertemuan balai pelestarian cagar budaya yang berada di sekitar kantor Camat Sanga-Sanga," beber Gunawan.

Ditambahkannya, kegiatan peringatan yang telah menginjak usia ke 72 itu berlangsung selama 9 hari. Seluruh tenda untuk peserta pameran pun telah penuh terisi.

"Semuanya sudah full, bahkan ada yang tidak kebagian kita buatkan tenda-tenda kerucut. Kemudian tahun ini ada pelayanan e-KTP dari Disdukcapil," sambung Gunawan.

Terpisah, Plt Bupati Kukar Edi Damansyah berharap, pelaksanaan peringatan Peristiwa Merah Putih di Sanga-Sanga tahun ini dapat memberikan manfaat khususnya bagi masyarakat setempat.

"Saya memberikan masukan, apa yang kita lakukan bisa memberi manfaat kepada masyarakat. Banyak tamu datang ke Sanga-Sanga, itu pasti memberikan dampak terutama kepada pelaku usaha mikro kecil dan menengah," harapnya. (end)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top