Tabligh Akbar Polres Kukar: Pelihara Ukhuwah Islamiyah Menuju Pemilu Damai 2019

Tabligh akbar Polres Kukar dalam rangka mememlihara Ukhuwah Islamiya menuju Pemilu Damai 2019
Foto: Dok. Humas Polres Kukar

Ribuan umat muslim mengikuti tabligh akbar yang diselenggarakan Subsatgas Nusantara Kemitraan Polres Kutai Kartanegara (Kukar), Rabu (20/03/2019) malam, di lapangan parkir Stadion Rondong Demang, Tenggarong.

Acara diawali dengan penampilan Hadrah dari anggota Polres Kukar, Hadrah Alas Ruban Kelurahan Bukit Biru Tenggarong, serta pembacaan ayat suci Al Qur'an.

Kapolres Kukar AKBP Anwar Haidar dalam sambutannya menyampaikan, tabligh akbar ini diselenggarakan dalam rangka memelihara Ukhuwah Islamiyah menuju Pemilu 2019 yang aman, damai dan sejuk.

"Kepada seluruh masyarakat kabupaten Kutai Kartanegara, marilah kita agar nantinya walaupun beda pilihan. tetapi kita mampu menjaga persaudaraan," harapnya.

Kapolres juga berpesan kepada jamaah yang hadir untuk menjadi insan yang pemaaf, sehingga terhindar dari konflik, bencana, dan pertengkaran satu dengan yang lainnya.

"Mari sama-sama kita abaikan ucapan orang bodoh, isu-isu yang memprovokasi atau isu-isu yang mengandung kebencian," pintanya.

KH Ahmad Muwafiq asal Yogyakarta saat menyampaikan ceramah dihadapan ribuan umat muslim Kukar
Foto: Endi

Sementara itu KH Ahmad Muwafiq dalam ceramahnya pada tabligh akbar tersebut, menghimbau masyarakat khusunya umat Islam untuk menjaga situasi agar tetap aman dan damai serta turut ikut serta mensukseskan Pemilu Serentak tahun 2019.

Kyai asal Yogyakarta itu juga meminta kepada umat Islam untuk menggunakan hak pilihnya secara bertanggung jawab, sesuai dengan tuntunan agama. Memilih pemimpin menurut ajaran Islam adalah kewajiban untuk menegakkan imamah dan imarah dalam kehidupan bersama.

Dalam menggunakan hak pilihnya, Umat Islam wajib memilih pemimpin yang beriman dan bertakwa, jujur (Siddiq), terpercaya (Amanah), aktif dan aspiratif (Tabligh), mempunyai kemampuan (Fathonah) dan memperjuangkan kepentingan umat Islam.

Kepada seluruh Umat Islam yang sedang belajar di pesantren atau perguruan tinggi atau bekerja di luar tempat asalnya untuk dapat meminta izin pulang ke daerah asalnya guna menunaikan hak pilihnya sebagai wujud tanggung jawab berbangsa dan bernegara.

Ulama yang sebelumnya pernah menjejakkan kakinya ke Kukar ini pun mengajak segenap umat Islam untuk bermunajat memohon kepada Allah SWT agar proses pemilu serentak bisa terlaksana secara jujur, adil, aman dan damai.

KH Ahmad Muwafiq berharap, Pemilu mendatang akan menghasilkan pemimpin-pemimpin yang takut hanya kepada Allah dan berjuang sepenuh tenaga mewujudkan bangsa dan negara yang adil dan makmur dalam lindungan Allah SWT.

Selain Kapolres Kukar bersama jajaran, tabligh akbar ini juga Kasubag Renmin DIT Binmas Polda Kaltim Kompol Puji, Kabag Kesra Setkab Kukar Supriyanto, serta unsur FKPD lainnya. (end)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top