Kebakaran Kerap Terjadi di Kukar, Bupati Minta Balakar Diperkuat

Bupati Kukar Edi Damansyah saat meninjau lokasi kebakaran di kelurahan Loa Ipuh, Tenggarong
Foto: Endi

Menghadapi musibah kebakaran yang kerap terjadi beberapa bulan terakhir, Bupati Kukar Edi Damansyah, akan memperkuat Barisan Relawan Kebakaran (Balakar) di setiap Kelurahan/Desa.

"Saya minta kepada Lurah dan Kepala Desa untuk memfasilitasi pembentukan relawan," ujarnya saat mengunjungi korban musibah kebakaran di Jalan Panjaitan, Gang Sentosa, RT 7, kelurahan Loa Ipuh, kecamatan Tenggarong, Selasa (19/03/2019) pagi.

Edi berharap, relawan yang nantinya terbentuk berbasis kekuatan masyarakat. Pemkab Kukar juga akan membantu untuk memfasilitasi sarana dan prasarana. 

"Ini memang menjadi perhatian kita, karena situasi kondisi ini sering terjadi, langkah-langkah antisipatifnya yang memang perlu dilakukan," katanya.

Selain itu, ia juga menghimbau untuk mengaktifkan kembali Siskamling, serta meminta seluruh Lurah dan Kepala Desa melakukan sosialisasi kepada masing-masing RT agar meningkatkan kewaspadaan.

Baca JugaEdi Damansyah Instruksikan Pembentukan Relawan Balakar di 18 Kecamatan

"Harus dipastikan kompor, aliran listrik dimatikan kalau bepergian. Karena dari beberapa kali kebakaran yang kami evaluasi di beberapa kecamatan, paling dominan penyebabnya adalah listrik," bebernya.

Terkait pembentukan Balakar, Kepala BPBD Kukar Marsidik, menyebutkan, sesuai dengan arahan dan kebijakan Bupati Kukar itu, pihaknya akan memberdayakan masyarakat dalam penanggulangan bencana.

"Tidak hanya kebakaran permukiman, hutan serta lahan, termasuk banjir, tanah longsor dan sebagainya," ucapnya.

Menurutnya, pembentukan Balakar di Kukar sangat penting mengingat geografis wilayah yang sangat luas.

"Kalau tiap-tiap kelurahan bahkan tiap RT itu ada Balakar yang peduli bencana, maka itu merupakan kekuatan yang sangat besar. Pemerintah dalam hal ini BPBD akan memberikan support terhadap keswadayaan masyarakat tersebut," jelasnya. (end)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top