Calhaj Kloter 6 Kukar Mayoritas Lanjut Usia, Didampingi 2 TPHD

Salah satu calhaj kloter 6 Kukar menggunakan kursi roda sesaat sebelum bertolak ke asrama haji Balikpapan
(Foto: Istimewa)

Sebanyak 126 jamaah calon haji (calhaj) Kutai Kartanegara (Kukar) yang tergabung dalam kloter 6 akan diterbangkan ke tanah suci, Rabu (24/07/2019) malam nanti pukul 19.40 Wita. 

Dari jadwal yang dirilis Kementerian Agama (Kemenag), kloter 6 embarkasi Balikpapan dengan nomor penerbangan GA 4104, diperkirakan tiba di Jeddah Kamis (25/07/2019) pukul 02.40 waktu setempat. 

Sebelumnya calhaj kloter 6 bertolak dari masjid Agung Sultan Sulaiman Tenggarong dan masuk asrama haji Balikpapan pada Selasa ( 23/07/2019) sore. "Kloter ini tergabung dengan jamaah dari Berau dan Samarinda, jumlah totalnya 455," terang Plt Kepala Kantor Kemenag Kukar, H Nasrun. 

Dikatakannya, mayoritas kloter 6 berisi calhaj lanjut usia (lansia) yang melakukan pelunasan biaya haji di tahap kedua. "Di jamaah ini juga kita lihat secara fisik mereka banyak yang tidak bisa mandiri, ada yang menggunakan kursi roda," beber Nasrun.

Diharapkan para calhaj lansia tersebut memperhatikan faktor kesehatan dan keselamatan. "Karena sebagaimana diketahui proses haji ini hampir 70 persen menggunakan fisik, sementara jamaah kita usianya banyak yang tua-tua. Paling tua berusia 88 tahun dari Kota Bangun dan Loa Janan. Karenanya perlu perhatian khusus, sehingga kita tempatkan di kloter 6 dengan 2 TPHD (Tim Petugas Haji Daerah)," ujarnya.

Sebelumnya Nasrun juga mengingatkan kepada keluarga calhaj berusia lanjut untuk menyiapkan bekal  yang diperlukan saat berada di tanah suci. "Fungsinya adalah, mereka ini kan tidak bisa mandiri untuk Thawaf dan Sai sehingga harus pakai kursi roda. Disana (tanah suci) ada jasa untuk yang mendorong kursi roda," jelasnya.

Para calhaj kloter 6 Kukar juga diminta untuk mempersiapkan pakaian yang akan dikenakan saat berhaji setibanya di Balikpapan. "Mereka akan melaksanakan haji gelombang kedua, sehingga diharapkan sudah memakai pakaian ihram di embarkasi, sebab mereka akan melaksanakan ihram di Multazam," sambung Nasrun.

Ia pun meminta masyarakat untuk turut mendoakan calhaj kloter 6 Kukar agar diberi kemudahan dan kelancaran selama melaksanakan ibadah haji. "Harapan kami kepada para keluarga agar mereka didoakan," tukasnya. 

Sebagai informasi, keberangkatan haji reguler Kukar terbagi dalam tiga gelombang, yakni kloter 3, kloter 4 dan terakhir kloter 6. (end)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top