Normalisasi Drainase, Kodim 0906/Tenggarong Sinergi Dengan Berbagai Elemen

Dandim 0906/Tenggarong (tengah) mengangkat batang kayu di saluran drainase Jalan Puteri Kencana
(Foto: Endi)

Mengantisiapasi datangnya musim penghujan, Kodim 0906/Tenggarong melakukan kerja bakti normalisasi sungai dan drainase di Jalan Puteri Kencana, kelurahan Timbau, Tenggarong, Rabu (09/10) pagi.

Kerja Bakti yang diawali apel bersama ini bersinergi dengan personil Polres Kukar, Satpol PP, Linmas, BPBD, Dishub, Dinas Perkim, kantor Camat Tenggarong, kantor Lurah Timbau, OKP, Ormas, serta elemen masyarakat lainnya.

Dandim 0906/Tenggarong Letkol Inf Charles Alling turun langsung memimpin pembersihan drainase sepanjang kurang lebih 300 meter. Ia sempat terlihat mengangkat batang kayu yang mengendap di dalam lumpur.

"Tujuan kegiatan ini tidak lain dan tidak bukan adalah untuk membangun kesadaran dan kepekaaan kepada seluruh masyarakat yang ada untuk peduli terhadap lingkungan," ujarnya kepada awak media.

Pria yang akrab disapa Alling ini, mengatakan, kegiatan normalisasi tersebut diharapkan dapat mengurai simpul-simpul penyebab banjir.

"Pengalaman beberapa bulan yang lalu, kita dihadapkan dengan problematika yang sama yaitu masalah banjir, dan kita tidak mau terulang kembali hal-hal semacam itu," ucapnya.

Pembersihan saluran drainase di Jalan Puteri Kencana oleh berbagai elemen masyarakat bersama TNI
(Foto: Endi)

Diketahui drainase yang berada di Jalan Puteri Kencana merupakan salah satu saluran air yang mengarah ke sungai Mahakam. Pada tahap awal, normalisasi dilakukan secara manual dengan mngangkat rumput, eceng gondok, maupun sampah yang mengendap.

"Harapan kita kedepan, program kegiatan selanjutnya harus kita lakukan dengan konsep yang lebih mendasar lagi, karena permasalahan normalisasi ini kan ada kotoran-kotoran diatas permukaan dan juga ada endapan sedimen-sedimen yang harus kita angkat semuanya," kata Alling.

Pihaknya akan berupaya mendorong dinas terkait untuk melaksanakan kegiatan normalisasi secara berkelanjutan.

"Saya pikir ini juga sudah dicanangkan oleh pemerintah daerah, tinggal direalisasikan saja. Jadi kontribusi sekecil apapun yang bisa kita berikan dengan masyarakat kaitannya dengan normalisasi ini sangat penting artinya bagi kita semua," cetusnya.

Alling juga berpesan kepada seluruh Danramil agar kegiatan semacam ini dapat dilaksanakan pada 14 Koramil yang ada, sehingga bisa dijadikan role model dan bermanfaat bagi masyarakat.

"Pesan moralnya selain kepada masyarakat, saya juga mengajak memberikan tauladan kepada jajaran dibawah saya bahwa kita harus membangun hal yang sama di wilayah masing-masing," demikian jelasnya. (mm-bse)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top