Pilkades Serentak di Kukar, 1.278 Personel Gabungan Diterjunkan

Peninjauan pasukan pada apel gelar pasukan Operasi Petinggi Mahakam 2019 di Kutai Kartanegara
(Foto: Endi)

Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) akan menyelenggarakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak pada 16 Oktober mendatang di 108 desa 16 kecamatan. Untuk itu diperlukan pengamanan ekstra dari personel aparat keamanan.

"Terdiri dari BKO Brimob sebanyak 500 personel, TNI sebanyak 200 personel, dan Linmas sebanyak 578 personel, sehingga total personel keamanan 1.278 orang," ujar Bupati Kukar Edi Damansyah saat menyampaikan amanat dalam Apel Gelar Pasukan Operasi Petinggi Mahakam 2019 di halaman parkir stadion Rondong Demang, Kamis (10/10) pagi.

Dihadapan unsur Forkopimda, ia mengatakan, apel ini salah satunya bertujuan untuk memperkuat solidaritas dan sinergisitas aparat keamanan dalam mewujudkan Pilkades yang aman, lancar dan damai.

"Maka TNI, Polri, Satpol PP, Linmas dan BKO serta panitia pemilihan dapat bersinergi menjaga keamanan, baik pada persiapan, pelaksanaan hingga pengumuman hasil Pilkades," ucap Edi.

Selaku Bupati, dirinya mengajak sekaligus menghimbau seluruh masyarakat Kukar untuk berpartisipasi pada pelaksanaan Pilkades serentak mendatang.

"Menjaga keamanan itu bukan hanya tugas TNI-Polri, tapi adalah tugas kita bersama. Saya sampaikan terima kasih bahwa masyarakat Kutai Kartanegara sudah berpartispasi menjaga keamanan dan ketentraman di daerah ini," cetusnya.

Simulasi pengamanan saat penanganan aksi massa yang tidak puas terhadap hasil Pilkades di Kukar
(Foto: Endi)

Sementara itu Kapolres Kukar AKBP Anwar Haidar, menyampaikan, mengantisipasi berbagai kerawanan Pilkades seperti terjadinya money politic dan lainnya, pihaknya bersinergi bersama Kodim 0906/Tenggarong dengan menerjunkan Bhabinkamtibmas dan Babinsa guna melakukan sosialisasi.

"Ada beberapa sosialiasi yang kita lakukan termasuk siap kalah siap menang. Kami aparat kepolisian berharap agar masing-masing calon Kades memperhatikan bahwa untuk menjadi seorang pemimpin tanpa ada perselisihan atau pertengkaran," pintanya.

Ditambahkan Anwar, dari 367 orang anggotanya, Polres Kukar akan menerjunkan pasukan Satuan Setingkat Kompi (SSK) di setiap TPS yang berada di zona pesisir, tengah dan hulu guna membackup apabila terjadi eskalasi. 

"Saya himbau kepada masyarakat bahwa kedamaian itu adalah nomor satu, supaya daerah kita tetap sejuk, aman dan tentram," imbuhnya.

Pada apel gelar pasukan ini juga dilaksanakan simulasi pengamanan oleh personel Polres Kukar, Kodim 0906/Tenggarong, Satpol PP dan Linmas, mulai dari tahapan hingga pengumuman hasil Pilkades. (end)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top