Duta Besar Malaysia Ke Kutai Kartanegara, Kaji Peluang Investasi Baru

Dubes Malaysia Datuk Zainal Abidin Bakar saat memberikan cinderamata kepada Bupati Kukar
(Foto: Endi)

Duta Besar (Dubes) Malaysia untuk Indonesia, Tuan Yang Terutama Datuk Zainal Abidin Bakar, melakukan kunjungan kerja (kunker) ke kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Rabu (20/11).

Didampingi sang istri Yang Berbahagia Datin Sakhiah Mohd Soom, sejumlah Menteri, Penasihat dan Setiausaha, rombongan Dubes Malaysia diterima Bupati Kukar Edi Damansyah, Sekda, Pimpinan OPD dan Forkopimda, di Pendopo Odah Etam, Tenggarong.

Edi mengatakan, kunjungan kerja Dubes Malaysia untuk mengetahui kebijakan pemerintah kabupaten berkaitan dengan sejumlah sektor, diantaranya ekonomi dan investasi, serta potensi lain yang dimiliki Kukar.

"Seperti sawit kita harapkan ada industri hilirisasinya, termasuk sektor perikanan, kehutanan. Semoga saja dari kunjungan Duta Besar Malaysia ini bisa membawa investasi baru ke Kutai Kartanegara," harapnya.

Dengan adanya investasi baru, diharapkan masalah pengangguran di daerah ini akan dapat teratasi, sehingga memberikan peluang kerja lebih luas lagi.

"Ada beberapa sektor yang kita dorong, dimana penyerapan tenaga kerjanya cukup besar, seperti sektor pertanian dalam arti luas yang kita kembangkan, selain memberi dorongan peningkatan ekonomi masyarakat, juga bisa membuka lapangan pekerjaan," kata Edi.

Dubes Malaysia Datuk Zainal Abidin Bakar menyebutkan, pihaknya berkeinginan untuk melihat langsung ke lapangan terkait potensi Kukar sebagaimana profil kabupaten yang disampaikan Bupati melalui presentasi.

"Apakah ada sektor-sektor yang mungkin kita bisa berinvestasi atau membangun bersama, contohnya dalam bidang sektor pertanian, industri dan pariwisata, itu yang sedang kita lihat," ujarnya.

Malaysia juga akan mendorong perusahaan-perusahaan di negaranya untuk berkunjung ke Kukar melihat peluang-peluang investasi dan perdagangan. Terlebih sebagian wilayah Kukar telah ditetapkan sebagai Ibu Kota Negara (IKN).

"Kita melihat perkembangan potensi ekonomi di Kalimantan Timur. Pada saat ini memang syarikat-syarikat di Malaysia telah berinvestasi di sini terutamanya di sektor perladangan (perkebunan) kelapa sawit, tapi kita akan mengembangkannya lagi," bebernya.

Ditambahkan Datuk Zainal Abidin Bakar, dari hasil kunjungannya, Malaysia akan segera mengkaji peluang investasi tersebut dan mendorong pengusaha di negaranya untuk datang ke Kaltim khususnya Kukar.

"Harapannya dalam waktu dekat kita dapat menghantar satu misi investasi atau misi ekonomi dari pada Malaysia untuk datang ke Kalimantan Timur," cetusnya.

Sebelumnya Dubes Malaysia dan rombongan melakukan lawatan ke pemerintah Provinsi Kaltim di Samarinda. Setelah ke Kukar, utusan pemerintah negeri jiran itu akan melakukan pembicaraan dengan Pemerintah Kota Balikpapan. (end) 

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top