Edukasi Dampak Gadget Pada Anak Usia Dini di PAUD Sun Flower Jembayan Tengah

Ahmad Rianto dari Kominfo Kukar (berdiri) menyampaikan dampak positif dan negatif gadget pada anak
(Foto: Endi)

Dampak positif dan negatif gadget/Hp terhadap anak usia dini menjadi tema kegiatan gizi PAUD dan Parenting kerjasama CSR PT Multi Harapan Utama (MHU) dan Yayasan Sun Flower Etam, Selasa (12/11) pagi.

Kegiatan berlangsung di halaman PAUD Sun Flower, Jalan Tudungan, RT 05, desa Jembayan Tengah, kecamatan Loa Kulu, Kutai Kartanegara (Kukar)

Acara yang dipandu Kepala Sekolah PAUD Sun Flower ini menghadirkan dua nara sumber yakni Kepala Bidang Pengelolaan Komunikasi Publik Dinas Kominfo Kukar Ahmad Rianto, dan Community Development Superintendent PT MHU Panji Bangun S.

"Ibu-ibu harus mendampingi anak-anaknya dalam menggunakan gadget agar tidak diluar kontrol, jangan juga melarang menggunakannya, tetapi kita beri batasan-batasan waktu penggunaannya termasuk saat mengakses internet," ujar Rianto.

Dikatakannya saat ini dunia internet memang tidak bisa dihindari, namun demikian dalam penggunaannya haruslah sebijak mungkin, salah satunya dengan memanfaatkan internet sebagai sarana pendidikan.

"Di usia perkembangan anak-anak kita akan sangat terbantu jika diberikan pendampingan untuk menggunakan gadget. Secara pelan-pelan diberikan pengertian, jika anak-anak bermain game carilah yang edukatif sehingga bisa melatih motorik dan cara berpikirnya," kata Rianto.

Namun ia kembali mengingatkan, agar para orang tua tetap memperhatikan anak-anaknya saat bermain game dan memberikan batasan sehingga tidak berjam-jam menatap layar ponsel.

"Saat anak-anak bermain gadget jangan sambil baring atau diruang gelap tapi usahakan di ruang yang terang, karena radiasi diruang gelap pantulan cahayanya ke mata itu sangat berbahaya dalam rentang waktu panjang, apalagi usianya masih belia," ucapnya.

Senada dengan Rianto, Community Development Superintendent PT MHU Panji Bangun S, menyampaikan pengalamannya jika dampak gadget telah membuat buah hatinya yang berusia 5 tahun mengalami gangguan kesehatan mata.

"Harapan saya kepada Ibu-ibu jangan sampai kejadian yang sama terulang seperti saya. Kita sebagai orang tua harus lebih bijaksana dalam menggunakan teknologi baik handphone dan semacamnya, supaya anak-anak berkembang lebih sehat, aktif dan lebih cerdas," himbaunya.

Diakuinya, dampak negatif dari penggunaan gadget pada anak-anak mengakibatkan lunturnya kegiatan berkumpul dan komunikasi bersama keluarga.

"Mudah-mudahan Ibu dan suami lebih menghidupkan kegiatan bersama di rumah, memberikan edukasi kepada anak-anak kita melalui kontak fisik seperti bermain balok-balok, mengajarkan huruf, angka, bentuk dan warna, sehingga menghindarkan dari gadget," harap Panji. (end)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top