Bimbingan Manasik Haji 2020 di Kutai Kartanegara Mulai Pekan Depan

Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh Kemenag Kukar H Saifullah saat ditemui di ruang kerjanya
(Foto: Endi)

Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kutai Kartanegara (Kukar), mulai pekan depan akan menyelenggarakan bimbingan manasik haji sepanjang masa, musim haji 1441 H/2020 M.

Berdasarkan jadwal yang dirilis kantor Kemenag Kukar pada 18 Februari lalu, bimbingan manasik haji untuk calon jamaah di 18 kecamatan akan terbagi dalam 4 wilayah. 

Untuk kecamatan Tenggarong, Tenggarong Seberang, Sebulu, Loa Kulu, Loa Janan dan Anggana, digelar pada Sabtu (29/02) di masjid Jami Hasanuddin Tenggarong, dan akan diikuti 335 calon jamaah. 

Kemudian kecamatan Kota Bangun, Muara Wis, Muara Kaman, Muara Muntai, Kembang Janggut, Kenohan serta Tabang, akan diselenggarakan di masjid besar Al Jamal Kota Bangun, Minggu (01/03), dengan jumlah calon jamaah sebanyak 157 orang. 

Sedangkan kecamatan Marangkayu dan Muara Badak pada hari Sabtu (07/03) di masjid Al Ikhlas Gas Alam Muara Badak, dengan jumlah peserta yakni 64 orang. 

Terakhir kecamatan Muara Jawa, Samboja, serta Sanga-Sanga, akan dilaksanakan di Kantor Urusan Agama (KUA) Muara Jawa, Minggu (08/03), dan akan diikuti 117 calon jamaah. 

Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh (PHU) Kemenag Kukar H Saifullah, menyebutkan, waktu pelaksanaan bimbingan manasik haji untuk seluruh kecamatan yakni mulai pukul 08.00 - 11.30 Wita. 

“Bimbingan manasik haji sepanjang masa ini memang tidak kita laksanakan secara sekaligus, alasannya agar materi itu bisa efektif dan komunikatif, sehingga calon jamaah dapat mendengarkan dengan baik,” jelasnya. 

Sejumlah materi akan disampaikan pada bimbingan manasik tersebut, salah satunya kebijakan-kebijakan terbaru musim haji 2020 terkait bimbingan ibadah. 

“Dengan penguatan materi bimbingan ibadah haji, diharapkan dapat membantu calon jamaah memahami ibadah di tanah suci,” kata Saifullah. (end) 

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top