Camat Muara Wis Himbau Pemdes di Wilayahnya Produksi Masker Mandiri

Salah satu desa di kecamatan Muara Wis  yakni Enggelam mendirikan psoko pencegahan COVID-19
(Foto: Istimewa)

Mengantisipasi terbatasnya masker di pasaran, sejumlah desa di kecamatan Muara Wis telah menganggarkan dana untuk memproduksi masker kain secara mandiri.

Hal itu disampaikan Camat Muara Wis Arianto kepada awak media melalui zoom meeting, Kamis (09/04) sore.

"Kita menghimbau pemerintah desa untuk membuat masker mandiri, sudah di data ada beberapa desa yang menganggarkan penanganan COVID ini melalui dana desa dan ada pula melalui PADes (Pendapatan Asli Desa)," terangnya.

Dikatakannya, salah satu desa yakni Muara Enggelam  menganggarkan dana untuk penanggulangan COVID-19 termasuk pembuatan masker melalui PADes ditambah dana bagi hasil.

"Karena kebijakan baru harus memakai masker, jadi sudah ada yang mulai mendata tukang jahit. Pada prinsifnya semua desa siap mengadakan masker mandiri," ujar Arianto.

Rencana pembuatan masker secara mandiri ini guna mengantisipasi terbatasnya bantuan masker yang didistribusikan Pemkab Kukar melalui Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 ke 18 kecamatan.

"Cuma sangat terbatas sekali hanya 440 masker, kalau dibagi juga nggak cukup. Kebijakan kita yang diutamakan petugas atau relawan yang menjaga di portal-portal, kemudian ada yang diusukan pemerintah desa juga dikasih," jelasnya. (end)

1 comments:

  1. Semoga dgn publikasi ini kita bisa cepat menangani wabah covid 19 ini

    BalasHapus


Top