Alat TCM Untuk Uji Swab COVID-19 Tiba di Kukar Dalam Waktu Dekat

Jubir gugus tugas COVID-19 Kukar Martina Yulianti berharap TCM bisa tiba dalam waktu dekat
(Foto: Endi)

Pemkab Kutai Kartanegara (Kukar) tengah menunggu tibanya alat uji sampel swab Coronavirus Disease 2019 (COVID-19). 

Juru bicara gugus tugas percepatan penanganan COVID-19 Kukar Martina Yulianti mengatakan, alat tes tersebut saat ini telah berada di Jakarta, sedangkan cartridge yang dipesan dari luar negeri baru tiba pada Rabu (27/05).

"Kalau mesinnya sudah ada di Jakarta. Per hari ini (kemarin) cartridge-nya sudah datang, kita mendorong dalam minggu-minggu ini bisa dibawa ke Tenggarong, tapi paling lambat minggu depan, karena kita ketahui penerbangan dari Jakarta ke Balikpapan tidak setiap hari," ujarnya melalui zoom meeting tadi malam.

Dikatakan Yuli, saat ini terjadi pengurangan jadwal penerbangan hingga awal Januari tahun depan, sehingga pengiriman alat uji swab virus corona itu ke Kukar turut mengalami keterlambatan.

"Tapi dalam waktu dekat kita sudah bisa running sendiri (uji swab). Alat kita itu sama dengan yang ada di RSUD Kanujoso (Balikpapan), namanya TCM atau Tes Cepat Molekuler, agak berbeda berbeda dengan yang ada di rumah sakit Pertamina (Balikpapan) dan RSUD AW Sjahranie (Samarinda) yang memang real time PCR, dimana memang mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing," ucapnya.

Yuli menyebutkan, selama ini sampel uji swab dikirimkan oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Kukar ke Dinkes Provinsi Kaltim.

"Dinas Kesehatan Provinsi yang mendistribusikannya, apakah ke Surabaya, Samarinda atau ke Balikpapan. Namun sejak lebaran kemarin kelihatannya dikirimkan ke Samarinda saja. Beberapa hari lalu kita masih menunggu hasil-hasil dari Surabaya yang memang hasilnya kadang-kadang lama," demikian jelasnya. (end)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top