Belasan Bangunan di Desa Sedulang Terbakar, Api Lahap Rumah Hingga Sekolah

Puing-puing bangunan yang terbakar di RT 3 Desa Sedulang, Kecamatan Muara Kaman
(Foto: Istimewa)

Kebakaran besar terjadi di RT 3, Desa Sedulang, Kecamatan Muara Kaman, Kutai Kartanegara (Kukar), Kamis (09/07) sore tadi.

Kapolres Kukar AKBP Andrias Susanto Nugroho melalui Kapolsek Muara Kaman IPTU Juwadi mengatakan, berdasarkan keterangan saksi, peristiwa kebakaran terjadi sekitar pukul 17.00 Wita.

"Awal mula api pertama kali muncul ditengah dirumah Saudara Junaidi, api muncul dari bagian tengah rumah, kemudian karena kondisi cuaca angin kencang sehingga api dengan cepat membesar dan membakar bangunan rumah lain yang ada dikanan kiri," terangnya.

Dikatakannya, sejumlah bangunan rumah yang terbakar rata-rata terbuat dari kayu, sehingga api dengan cepat menyebar, selain itu tidak adanya alat pemadam kebakaran yang memadai menyulitkan warga untuk memadamkan api.

"Warga Desa Sedulang bersama-sama berusaha memadamkan api secara manual dengan menggunakan mesin Alkon, saat ini puing-puing api masih berusaha dipadamkan," beber Juwadi.

Data sementara yang dihimpun petugas, sebanyak 11 rumah tinggal milik warga, 4 bangunan rumah burung walet serta 3 bangunan sekolah terbakar.

"Untuk fasilitas umum atau sekolah yang terbakar yakni SMA Martadipura Sedulang, SMP Budi Utomo Sedulang, 6 ruang kelas dan TK / Paud Bina Karya Sedulang," sambungnya.

Dugaan sementara, penyebab terjadinya kebakaran akibat kompor terbakar yang ditinggal pemiliknya.

"Karena saat kejadian warga Sedulang sedang mengantri menunggu pembagian uang dana SHP Plasma di Balai Desa Sedulang," kata Juwadi.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, namun kerugian materil diperkirakan mencapai sekitar Rp 1 milyar.

"Untuk tersangka masih dalam lidik, petugas telah mengamankan barang bukti berupa potongan kayu rumah bekas terbakar," demikian jelasnya. (end)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top