Per 8 Juli: 3 Karyawan Perusahaan di Kukar Positif Corona, 2 Pasien Sembuh

Update kasus COVID-19 per 8 Juli 2020 disampaikan Kepala Dinkes Kukar Martina Yulianti
(Foto: Endi)

Penambahan kasus terkonfirmasi positif Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) di Kutai Kartanegara (Kukar) belakangan ini didominasi karyawan perusahaan pelaku perjalanan dari luar daerah.

Seperti yang disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kukar (Dinkes) sekaligus juru bicara gugus tugas percepatan penanganan COVID-19 di Kukar, Martina Yulianti, terdapat tambahan 3 kasus baru per 8 Juli 2020.

"Kasus terkonfirmasi positif yang pertama adalah KK-74, jenis kelamin perempuan, usia 38 tahun, dari kecamatan Samboja. KK-74 ini adalah seorang karyawan perusahaan migas di Samboja dan merupakan pelaku perjalanan dari Jakarta yang akan kembali bekerja. Hasil pemeriksaan PCR dari swab tenggorok tanggal 4 Juli menunjukkan hasil terkonfirmasi positif," terangnya sore tadi.

Selanjutnya KK-75, jenis kelamin laki-laki, usia 49 tahun, dari kecamatan Loa Kulu. KK-75 merupakan pelaku perjalanan dari Madiun (Jawa Timur) yang juga akan kembali bekerja di sebuah perusahaan di Loa Kulu, dilakukan pemeriksaan PCR dari swab tenggorok tanggal 6 Juli 2020 dengan hasil terkonfirmasi positif.

"Berikutnya adalah KK-76, jenis kelamin laki-laki, usia 53 tahun, juga dari kecamatan Loa Kulu dan merupakan pelaku perjalanan dari Surabaya dan akan kembali bekerja di daerah Loa Kulu. Hasil PCR dari swab tenggorok tanggal 6 Juli menunjukkan hasil terkonfirmasi positif," rinci Yuli.

Sejak dinyatakan terkonfirmasi positif, KK-74 langsung menjalani karantina di Rumah Sakit Pertamina Balikpapan (RSPB), sementara KK-75 dan KK-76 di Asrama Atlet, Tenggarong Seberang.

"Alhamdulillah ada kabar baik kesembuhan 2 orang pasien kita, yaitu KK-70, usia 48 tahun, laki-laki, dari kecamatan Tenggarong Seberang. Dinyatakan sembuh setelah 2 kali berturut-turut swab negatif dan telah menjalani masa isolasi/perawatan di Asrama Atlet selama 7 hari," sambungnya.

Sedangkan 1 orang lagi yakni KK-71, laki-laki usia 30 tahun, dari kecamatan Tenggarong Seberang. Dinyatakan sembuh setelah hasil swab negatif 2 kali berturut-turut. KK-71 telah menjalani masa isolasi dan perawatan selama 7 hari.

"Dengan demikian hingga hari ini kasus terkonfirmasi positif di Kukar adalah sebanyak 76 kasus, dimana 4 orang sedang menjalani perawatan, 71 kasus dinyatakan telah sembuh dan 1 meninggal," jelas Yuli. (end)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top