Bertambah 3 Kasus Lagi, Total Sudah 96 Kasus Positif COVID-19 di Kukar

Kepala Dinkes Kukar Martina Yulianti umumkan tambahan 3 kasus positif corona Per 16 Juli 2020
(Foto/Grafis: Endi)

Kasus positif Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) di Kutai Kartanegara (Kukar) kembali naik dari hari sebelumnya.


Berdasarkan press rilis yang disampaikan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kukar Martina Yulianti, Kamis (16/07) pukul 17.00 Wita, terdapat tambahan kasus baru di 3 kecamatan.

"Pertama, KK-94, jenis kelamin laki-laki, usia 50 tahun dari kecamatan Sanga-sanga. Hasil pemeriksaan PCR dari swab tenggorok tanggal 9 Juli 2020 menunjukkan hasil terkonfirmasi positif (Simptomatik). Saat ini KK-94 sedang dirawat di ruang isolasi RSUD AM Parikesit," terangnya melalui zoom meeting.

Lanjutnya, KK-94 bukan merupakan kontak erat dari KK-73 pasien asal Sanga-Sanga yang meninggal dunia dan kemudian dinyatakan psoitif COVID-19, ia juga tidak memiliki riwayat kontak dengan KK-78 pasien dari kecamatan yang sama.


"Kemudian KK-95, jenis kelamin perempuan, usia 62 tahun dari kecamatan Anggana, Hasil pemeriksaan PCR dari swab tenggorok tanggal 10 Juli 2020 menunjukkan hasil terkonfirmasi positif (Simptomatik) dan dirawat di Wisma Atlet Tenggarong Seberang," sambungnya.

Pasien positif ketiga yaitu KK-96, jenis kelamin laki-laki, usia 36 tahun dari kecamatan Tenggarong. Hasil pemeriksaan PCR dari swab tenggorok tanggal 9 Juli 2020 menunjukkan hasil terkonfirmasi positif (Asimptomatik) dan sedang menjalani isolasi mandiri.

"Untuk KK-95 dan KK-96 memiliki penyakit kencing manis (diabetes melitus). Jadi 3 kasus hari ini bukan merupakan pelaku perjalanan dan penularannya sedang di tracing," beber Yuli.

Ditambahkannya, KK-96 sendiri berdomisili di Samarinda, namun KTP yang bersangkutan tercatat di kecamatan Tenggarong. 

"Jadi isolasi mandirinya di Samarinda, sedangkan untuk pencatatan kasus berdasarkan domisili yang ada di KTP," jelasnya.

Dengan demikian, hingga hari ini kasus terkonfirmasi positif COVID-19 di Kukar adalah 96 kasus, terdiri dari 22 orang sedang menjalani perawatan, 73 kasus dinyatakan telah sembuh dan 1 kasus meninggal dunia. (end)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top