Kontak Erat Positif COVID-19: Marangkayu 2 Orang, Tenggarong Seberang 1 Orang

Kepala Dinkes Kukar Martina Yulianti sampaikan tambahan 3 kasus positif pada 22 Juli 2020
(Foto/Grafis: Endi)

Kutai Kartanegara (Kukar) kembali mencatatkan kenaikan jumlah kasus terkonfirmasi positif Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) pada Rabu (22/07/2020).


Tambahan kasus yakni di kecamatan Marangkayu dan Tenggarong Seberang, dimana ada 3 orang dinyatakan positif tanpa gejala atau asimptomatik.

"KK-145, jenis kelamin perempuan, usia 40 tahun, dari kecamatan Marangkayu. KK-145 merupakan kontak erat dari KK-87," terang Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kukar Martina Yulianti melalui zoom meeting.

Kemudian KK-146,  perempuan berusia 42 tahun, dari kecamatan Marangkayu yang juga merupakan kontak erat dari KK-87. 

"Berikutnya KK-147, jenis kelamin laki-laki, usia 36 tahun, dari kecamatan Tenggarong Seberang. KK-147 merupakan kontak erat dari KK-83," kata Yuli.

Saat ini ketiga pasien menjalani isolasi mandiri di rumah sejak dinyatakan terkonfirmasi positif dan telah dilakukan PCR serta tracing.

"Alhamdulillah ada kabar baik kesembuhan 1 orang pasien yaitu KK-83, usia 28 tahun, jenis kelamin perempuan, dari Kecamatan Tenggarong Seberang. Dinyatakan sembuh setelah hasil swab tenggorok menunjukkan hasil negatif selama 2 kali berturut-turut," ungkapnya.

Sambungnya lagi, KK-83 merupakan pasien asimptomatik dan telah menjalani masa perawatan atau isolasi selama 11 hari.

"Hingga hari ini kasus terkonfirmasi positif COVID-19 di Kukar adalah 147 kasus, terdiri dari 69 orang sedang menjalani perawatan, 77 kasus dinyatakan telah sembuh dan 1 kasus meninggal dunia," rinci Yuli. 

Ia menambahkan, sejak dikeluarkannya panduan terbaru dari Kementerian Kesehatan yang juga mengacu kepada panduan dari WHO, kriteria kesembuhan pasien terkonfirmasi positif adalah 1 kali hasil pemeriksaan PCR negatif.

"Jadi setelah ini apabila kita mendapatkan hasil PCR negatif walaupun hanya 1 kali, sudah dinyatakan sembuh," demikian jelasnya. (end)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top