Ketua Bhayangkari Cabang Kukar Maria Andrias Resmikan Taman Bacaan Kemala

 

Ketua Bhayangkari Cabang Kukar Maria Andrias melepas tirai papan nama Taman Baca Kemala
(Foto: Endi) 


Ketua Bhayangkari Cabang Kutai Kartanegara (Kukar) Nyonya Maria Andrias meresmikan Taman Bacaan Kemala, Sabtu (08/08) pagi.

Taman bacaan ini menyatu dengan bangunan posyandu di komplek Asrama Polisi (Aspol) Polres Kukar, Jalan Cempaka, Kelurahan Sukarame, Tenggarong.

Peresmian dihadiri Kapolres Kukar AKBP Andrias Susanto Nugroho, Wakapolres Kompol Bimo Ariyanto, para Kabag dan Kasat, serta seluruh pengurus Bhayangkari Cabang Kukar.

"Nantinya taman baca ini akan terbuka untuk umum, tidak hanya untuk anak-anak anggota saja. Anak-anak silahkan datang kesini dan tidak dipungut biaya. Tentunya kita tetap memperhatikan protokol kesehatan dengan membatasi jumlah anak yang hadir secara bergantian," ujar Maria.

Selain membaca buku, taman baca Kemala bisa digunakan sebagai wadah kreatifitas anak-anak, seperti mewarnai dan membuat origami (seni melipat kertas).
Ketua Bhayangkari Kukar dan Kapolres Kukar memperlihatkan koleksi buku Taman Baca Kemala
(Foto: Endi) 


"Nanti akan kita stand by kan guru TK untuk mendampingi anak-anak, mungkin belajar membaca, menulis, mewarnai, membuat prakarya dan lain sebagainya. Target usia kita adalah mulai dari PAUD sampai kelas 6 SD," terang istri orang nomor satu di Polres Kukar ini.

Sementara untuk buku-buku yang disediakan berasal dari Pengurus Bhayangkari cabang serta pengurus ranting, diantaranya buku tentang adat istiadat, agama dan cerita rakyat.

"Buku kita bervariasi dan lengkap, jadi ini adalah hasil swadaya dari Bhayangkari sendiri," sambung Maria.

Selain Taman Bacaan, bangunan ini dipadukan dengan Cafe Kemala serta Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) dimana didalamnya terdapat tanaman hidpronik berupa selada, apotek hidup serta kolam ikan jenis lele dan nila.

"Hasilnya nanti akan kami berikan kepada anggota yang tinggal di Aspol ini, baik selada maupun ikannya, dan juga bisa digunakan untuk dapur umum TNI-Polri," jelasnya.
PJU Polres Kukar bersama Pengurus Bhayangkari Cabang Kukar di depan Taman Bacaan Kemala
(Foto: Endi)


Kapolres Kukar AKBP Andrias Susanto Nugroho pun mengapresiasi langkah-langkah maju Pengurus Bhayangkari Cabang Kukar ditengah pandemi COVID-19.

"Ini bisa menjadi contoh, dimana dimasa pandemi bisa melakukan karya-karya yang sangat bermanfaat bagi masyarakat khususnya bagi anggota Polri yang ada di wilayah asrama Cempaka 1 dan Cempaka 2," ucap Andrias yang juga Pembina Bhayangkari Cabang Kukar.

Ia menghimbau organisasi-organisasi kewanitaan lainnya agar bersama-sama membangun dan mensejahterakan masyarakat Kukar terutama dibidang pendidikan anak.

"Harapan kami ini bisa terus ditingkatkan dan dipelihara. Kedepannya rumah ini akan kita jadikan tempat penitipan anak atau daycare, tentunya harus ada perijinan yang harus kita buat. Kami berharap semua akan terwujud dan mendapat dukungan dari pemerintah daerah," imbuhnya.

Diharapkan pula, taman bacaan tersebut dapat membantu program pemerintah khususnya yang berkaitan dengan literasi.

"Jadi anak-anak ditengah situasi COVID bisa memanfaatkan taman baca ini untuk dijadikan ruang atau tempat untuk belajar," demikian kata Andrias. (adv/end)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top