Meski Pandemi COVID-19, Peringatan HUT RI Ke-75 di Kukar Tetap Khidmat

Pengibaran bendera merah putih pada peringatan HUT RI ke-75 di kantor Bupati Kukar
(Foto: Endi)


Ditengah situasi pandemi COVID-19, peringatan HUT RI ke-75 di kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Senin (17/08/2020) tetap berlangsung khidmat.

Upacara peringatan detik-detik proklamasi yang dipusatkan di halaman kantor Bupati Kukar, Jalan Wolter Monginsidi, Tenggarong, dilangsungkan dengan protokol kesehatan.

Upacara digelar terbatas, dihadiri Bupati Kukar Edi Damansyah, Wakil Bupati Chairil Anwar, Sekda Sunggono, serta Sultan Kutai Kartanegara Ing Martadipura ke XXI H Adji Muhammad Arifin.

Dari unsur Forkopimda hadir Ketua DPRD Kukar Abdul Rasyid, Kapolres Kukar AKBP Irwan Masulin Ginting, Dandim 0906/Tenggarong Letkol Inf Charles Alling, Kajari Kukar Darmo Wijoyo dan Ketua Pengadilan Negeri Tenggarong Didit Pambudi Widodo.

Bupati Kukar bersama Forkopimda pada peringatan detik-detik proklamasi
(Foto: Endi)


Sedangkan peserta upacara hanya terdiri dari sejumlah personel TNI-Polri serta Satpol PP Kukar. 

Durasi upacara juga dipersingkat, peringatan detik-detik proklamasi ditandai bunyi sirine tanpa ada suara dentuman meriam sebagaimana biasanya, kemudian pembacaan naskah proklamasi oleh Ketua DPRD Kukar Abdul Rasyid serta pembacaan doa oleh Kepala Kantor Kemenag Kukar H Mukhtar.

Rangkaian upacara dilanjutkan dengan pengibaraan bendera merah putih oleh 3 anggota Paskibraka tanpa ada iring-iringan pasukan.

Bupati Kukar Edi Damansyah usai memimpin upacara mengakui jika upacara tahun ini dilakukan dengan kondisi terbatas.

Bupati dan Wabup Kukar, Forkompinda serta personel TNI-Polri dan Satpol PP
(Foto: Endi)


"Namun kita bisa melaksanakannya dengan khidmat. Tapi pada intinya kondisi pandemi COVID-19 memberikan pelajaran bahwa didalam situasi dan kondisi apapun kita tetap bersyukur, tetap tegar," ujarnya kepada sejumlah wartawan.

Edi mengatakan, peringatan HUT RI  harus dimaknai dengan rasa syukur dimana bangsa ini sudah 75 tahun menikmati kemerdekaan berkat perjuangan para pahlawan.

"Makna kemerdekaan ini harus diimplementasikan dengan kerja nyata untuk menuntaskan hal-hal yang berkaitan dengan kebutuhan dan layanan dasar masyarakat yang belum terpenuhi secara merata," ucapnya. 

Selanjutnya Bupati bersama Forkopimda juga mengikuti peringatan detik-detik proklamasi HUT RI ke-75 dari istana negara secara virtual di gedung serba guna kantor Bupati Kukar. (end)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top