PERWOSI Kukar Gelar Pelatihan Wasit Pertandingan Bola Sundul di Tenggarong

Ketua Umum PB Perbosi Hamdiah saat membuka pelatihan wasit bola sundul di Tenggarong
(Foto: Endi)

Pengurus Persatuan Wanita Olah Raga Seluruh Indonesia (PERWOSI) Kutai Kartanegara (Kukar) menggelar pelatihan wasit dan pertandingan bola sundul antar club kecamatan, Senin (09/11/2020) di aula SD Negeri 002 Tenggarong.

Pelatihan dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan COVID-19 dan diikuti peserta dari kecamatan Tenggarong, Tenggarong Seberang, Loa Kulu serta Loa Janan.

Ketua Umum Pengurus Besar (PB) Persatuan Bola Sundul Seluruh Indonesia (Perbosi) yang juga anggota DPRD Kukar Hamdiah bersyukur pelatihan dapat terlaksana dan dianggarkan pada APBD-P Kukar 2020.

"Di 2021 kita akan tetap adakan pelatihan di 18 kecamatan yang ada di kabupaten Kutai Kartanegara. Semoga nanti olah raga bola sundul bisa dikembangkan dan dipopulerkan di masyarakat khususnya di sekolah-sekolah tingkat SLTP dan SLTA," ucapnya.

Diharapkan, seluruh peserta nantinya dapat mempraktekkan dan memberikan pelajaran dari hasil pelatihan tersebut kepada masyarakat maupun anak didik sekolah di kecamatan masing-masing.

"Kita harapkan mereka yang dilatih ini kedepannya dapat mengembangkannya di masyarakat," kata politisi perempuan dari Partai Kebangkitan Bangsa ini. 

Pelatihan wasit bola sundul di Kukar dengan pemateri dari pengurus Perbosi Kaltim ini pertama kali dilaksanakan di desa Loa Duri Ilir, kecamatan Loa Janan dan kedua di Tenggarong.

"Alhamdulillah hari ini banyak peserta dari guru olahraga di sekolah maupun masyarakat yang mengikuti, cuma panitia mengadakannya terbatas hanya sebanyak 28 orang," sambungnya.

Hamdiah pun berkeinginan Kukar bisa mengirimkan perwakilan pada even kejuaraan bola sundul di tahun - tahun mendatang.

Permainan bola sundul merupakan olahraga masyarakat asli Indonesia yang diciptakan di Tangerang. Dimainkan tidak menggunakan tangan atau kaki di lapangan menyerupai belah ketupat dengan luas 45 meter, sedangkan jumlah pemain sebanyak 4 orang dan 3 orang pemain cadangan. (end)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top