Demi Bersihkan Lambang Negara, Dua Tagana Kukar Panjat Monumen Pancasila

Dua relawan Tagana Kukar membersihkan tumbuhan liar diatas lambang negara Garuda Pancasila
(Foto: Endi)

Dua relawan Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kutai Kartanegara (Kukar) secara spontan membersihkan tumbuhan liar yang merambat di lambang negara Garuda Pancasila, kawasan Monumen Pancasila, Tenggarong, Jumat (26/03/2021).

Tumbuhan liar tersebut nampak sudah berakar, sebagian merambat ke bagian atas sehingga tidak bisa dijangkau lantaran kedua relawan bernama Doni dan Hary saat memanjat tidak mengenakan alat pengaman, namun niat keduanya tak surut demi lambang negara.

Ketua Tagana Kukar Supiyatemi usai bakti sosial memperingati Hari Tagana ke-17 mengatakan, lambang yang dibawahnya terukir sila Pancasila itu merupakan lambang negara yang harus dijaga.

"Walaupun hanya lambang tetapi kita juga seharusnya melestarikan, bukan hanya melestarikan tapi kita juga harus menjaganya," ujar perempuan yang akrab disapa Mita ini.

Ia pun mengapresiasi anggotanya, apalagi menurutnya sudah selayaknya seorang relawan bergerak cepat dan tanggap.

"Sudah seyogyanya kita sebagai seorang relawan punya hati untuk bisa melihat hal yang bisa kita bereskan, walaupun tadi kami tidak membawa safety tapi bersyukur sekali mereka bisa cepat dan tanggap," katanya.

Ditambahkannya, selama ini Tagana Kukar juga terjun dalam berbagai aksi kemanusiaan dan senantiasa bersinergi dengan pemerintah dalam penanganan bencana.

"Kami bersinergi dengan Dinas Sosial dan siap siaga apabila ada perintah untuk membantu ketika ada pengungsian, karena Tagana sebenarnya bukan hanya dapur umum saja, tetapi juga disesuaikan dengan skil-skil relawan yang sudah dilatih," demikian jelas Mita. (end)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top