Resmi Dilantik, Pengurus Daerah GPMB Kukar 2021-2024 Diisi Pegiat Literasi

Ketua Umum GPMB Kaltim Syafruddin Penyata melantik perwakilan Pengurus GPMB Kukar
(Foto: Endi)

Pengurus Daerah Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca (GPMB) Kutai Kartanegara (Kukar) periode 2021-2024 resmi dilantik, Kamis (25/03/2021).

Pelantikan yang dipimpin Ketua Umum GPMB Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) Syafruddin Pernyata di aula Perpustakaan Umum Derah, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Diarpus) Kukar, dilaksanakan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan COVID-19.

Kabid Pengolahan, Layanan dan Pelestarian Bahan Perpustakaan, Diarpus Kukar, Erwan Riyadi, selaku panitia pelaksana mengatakan, kepengurusan ini dibentuk berdasarkan Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) GPMB pusat.

Disebutkannya, tujuan dibentuknya GPMB adalah untuk menumbuh kembangkan minat dan kegemaran membaca masyarakat serta membangkitkan semangat dan kemauan untuk membaca, serta menjadikan membaca sebagai budaya di masyarakat.

Asisten I Setkab Kukar Akhmad Taufik Hidayat menandatangani berita acara pelantikan GPMB
(Foto: Endi)


"Kemudian mengembangkan dan meningkatkan peran perpustakaan dan seluruh unsur masyarakat dalam pengembangan minat, kegemaran dan budaya membaca," ujar Erwan.

Secara struktural, kepengurusan GPMB Kukar berjumlah 30 orang yang terdiri dari ASN dan THL di lingkungan Diarpus serta Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kukar.

"Sebagian lagi berprofesi sebagai guru, polisi, pengusaha dan juga mahasiswa. Kesemua mereka adalah pegiat litearsi dan sudah sangat familiar dengan aktifitas yang berhubungan dengan minat baca," jelasnya.

Hadir dalam pelantikan ini, Asisten I Setkab Kukar Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Akhmad Taufik Hidayat, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Provinsi Kaltim H Elto, serta Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kaltim Ely Hartati Rasyid. (end)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top