Penghargaan Drummer Legend Diberikan Kepada Mendiang Sultan Kutai Ke XX

Penghargaan Drummer Legend kepada Sultan Kutai XX diserahkan ke Sultan Kutai XXI (kanan)
(Foto: Endi)

Bertepatan dengan peringatan Hari Musik Nasional, PT Pegadaian memberikan penghargaan Drummer Legend kepada mendiang Sultan Kutai Kartanegara Ing Martadipura ke XX Sultan Haji Adji Mohammad (HAM) Salehoeddin II.

Disaksikan Sekda Kukar Sunggono, piagam penghargaan tersebut diserahkan perwakilan Pimpinan Wilayah PT Pegadaian IV Kaltim kepada Sultan Kutai ke XXI Haji Adji Muhammad Arifin selaku putra tertua dari Almarhum Sultan HAM Salehoeddin II, di ruang Singgasana, Museum Mulawarman, Selasa (09/03/2021).

Selain itu juga diserahkan cinderamata stick drum bertatakan logam mulia dari PT Pegadaian oleh Wakil Gubernur (Wagub) Kaltim Hadi Mulyadi selaku Pembina Indonesia Drummer (ID) Kaltim sekaligus menandatangi foto Sultan HAM Salehoeddin II saat bermain drum.

Wagub Kaltim mengaku  kaget sekaligus bangga jika Sultan HAM Salehoeddin II semasa hidupnya adalah seorang pemain drummer,  apalagi dari cerita yang ia dengar, Almarhum juga mahir memutar stick drum.

"Kita doakan beliau karena itu juga menginspirasi kita bahwa beliau punya ketrampilan-ketrampilan yang patut di contoh bagi generasi muda," ucapnya.

Di hari peringatan Musik Nasional ini Wagub menyampaikan pesan kepada musisi lokal agar melakukan kreatifitas musik daerah di Kaltim, baik dari etnis Kutai, Dayak, maupun Banjar.

"Tidak kalah penting musisi-musisi lokal itu kalau saya hitung satu persatu luar biasa banyak. Harapan saya lebih atraktif lagi untuk membangun musik di Kalimantan Timur," kata Wagub.

Sultan Kutai ke XXI HAM Haji Adji Muhammad Arifin turut menyampaikan rasa terima kasihnya atas penghargaan Drummer Legend yang diberikan kepada mendiang ayahnya.

"Karena almarhum ini hobinya main musik, dari musik biasa sampai irama jazz. Syukur Alhamdulillah ada perhatian dari pemerintah provinsi Kalimantan Timur dan Bapak Wagub selaku Pembina ID Kaltim yang memperhattikan legenda-legenda pemain musik terdahulu," tuturnya.

Ia pun berharap pada peringatan Hari Musik Nasional ini para musisi lokal terus mengembangkan dan meningkatkan kreatifitas.

"Kita harus memberikan contoh dan membuka pintu selebar-lebarnya agar dikemudian hari adik-adik kita yang sekarang ini kreatifitas bermusiknya dapat diteruskan dan dikembangkan lagi," cetus Sultan HAM Arifin. 

Selain penyerahan pengharagaan, juga dilaksanakan pelantikan dan pengukuhan Pengurus Indonesia Drummer Kutai Kartanegara di Gedung A ruang serba guna Museum Mulawarman. (end)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top