Vaksinasi Massal TNI-Polri Digelar, Polres Kukar Sediakan 1.500 Vaksin

Kapolres Kukar, Dandim 0906/Tenggarong, Sekda serta Kadinkes tinjau vaksinasi TNI-Polri
(Foto: Endi)

Dalam rangka memperingati hari jadi Bhayangkara ke-75 yang jatuh pada 1 Juli 2021 mendatang, Polres Kutai Kartanegara (Kukar) menggelar vaksinasi massal COVID-19, Sabtu (26/06/2021).

Kegiatan yang dilaksanakan secara serentak di seluruh tanah air ini mengusung tema "Serbuan vaksinasi nasional TNI - Polri sehari satu juta orang, serentak di 34 Polda."

Kapolres Kukar AKBP Arwin Amrih Wientama saat meninjau pelaksanaan vaksinasi di gedung beladiri komplek Stadion Aji Imbut, Tenggarong Seberang, mengatakan, Polres Kukar mendapatkan jatah 1.500 dosis vaksin. 

"Ini juga kita sebar di wilayah kota Tenggarong dan di kecamatan Samboja serta wilayah lain dengan berkoordinasi bersama Dinas Kesehatan, Pemkab, maupun Kodim. Kita berkolaborasi dengan Puskesmas, Babinsa dan Babinkamtibmas yang dikendalikan oleh Danramil dan Kapolsek" terangnya.

Pelaksanaan vaksinasi massal ini didukung tenaga vaksinator gabungan dari Dinas Kesehatan, RSUD AM Parikesit, Polres Kukar, serta Kodim 0906/Tenggarong. Berdasarkan laporan sementara, kata Arwin, belum ditemukan kendala terkait penerima vaksin

"Namun demikian, sinergisitas kami baik Polres Kukar dan Kodim 0906/Tenggarong yang diback up oleh Dinas Kesehatan akan lebih pro aktif untuk memberikan sosialisasi dan edukasi, bahwa ini memang vaksin halal untuk meningkatkan daya tahan imun dan kesehatan mengingat pandemi COVID-19 masih berjalan," bebernya.

Dandim 0906/Tenggarong Letkol Inf Charles Alling menyebutkan, kegiatan ini untuk menindaklanjuti ketetapan strategis nasional Presiden RI Joko Widodo yakni lebih memperketat PPKM Mikro dan vaksinasi massal.

"Sehingga dari kebijakan tersebut Pangima TNI dan Kapolri mengambil bagian untuk membantu pencapaian target 1 juta vaksinasi dalam satu hari. Ini memang jadi arahan pimpinan TNI dan Polri. Secara teknis kegiatan ini akan difokuskan selama satu pekan khususnya TNI mulai tanggal 26 Juni sampai 2 Juli," jelasnya.

Alling menambahkan, pihaknya juga melakukan evaluasi terkait jangkauan para Babinsa dan Babinkamtibmas terhadap masyarakat penerima vaksin agar target vaksinasi massal dapat tercapai.

Sementara itu Sekrertaris Daerah (Sekda) Kukar Sunggono menyampaikan apresiasi kepada masyarakat yang sudah ikut serta dalam program vaksinasi, sehingga capaian vaksinasi relatif tinggi meskipun belum merata di seluruh kecamatan yang diharapkan nantinya dapat tercapai herd immunity (kekebalan kelompok).

"Secara khusus kami mengucapkan terima kasih kepada unsur TNI-Polri, juga Satgas COVID-19 dari Satpol PP, BPBD, Dinas Kesehatan, yang secara terus konsisten dan tidak lelah untuk bersama-sama bagaimana menyehatkan dan menjaga imunitas masyarakat Kutai Kartanegara," ucapnya. (end)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top