Tenggarong Kutai Carnival 2022 Tampilkan Tiga Tema Baru

Talent TKC tampilkan kostum tema Lembu Swana, Tari Topeng Nusantara dan Prasasti Batu Yupa
(Foto: Endi)

Setelah dua tahun tak diselenggarakan, Tenggarong Kutai Carnival (TKC) di Kutai Kartanegara (Kukar) akhirnya kembali digelar, Minggu (18/09/2022) sore.

TKC yang dihelat dalam rangkaian Festival Kota Raja (FKR) untuk memperingati HUT Kota Tenggarong ke-240 ini mengusung tiga tema baru yakni Lembu Swana, Tari Topeng Nusantara dan Prasasti Batu Yupa.

Warga yang antusias memadati lokasi start karnaval di depan Planetarium Jagad Raya hingga sepanjang Jalan menuju finish di halaman parkir pelabuhan Pulau Kumala disuguhi dengan parade para talent yang menampilkan kostum hasil rancangannya.

Tak sedikit warga yang memanfaatkan kesempatan untuk berfoto bersama para talent yang melintas di sepanjang rute karnaval.

Kabid Pengembangan Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata Kukar David Haka Saputra mengatakan, total peserta TKC sebanyak 30 talent, dimana masing-masing tema kostum diikuti 10 talent.

"Sebelum ini ada workshop selama 1 minggu untuk menentukan pola dari masing-masing talent membuat kostum yang akan ditampilkan pada hari ini. Alhamdulillah kita lihat semuanya kreatif membuat kostum," ujarnya.

Ia mengungkapkan, tujuan penyelenggaran TKC sendiri adalah untuk menumbuhkembangkan minat dan bakat khususnya desainer.

"Yang utama adalah untuk menarik kunjungan wisatawan ke Tenggarong dengan adanya event TKC ini," kata David.

Ditambahkannya lagi, dari 30 talent talent, terdapat talent-talent baru yang kali pertama mengikuti event TKC.

"Saya sudah sampaikan kepada leader project ini harus ada regenerasi, ada beberapa wajah lama yang masih perlu menyampaikan materi-materi terkait membuat kostum TKC tahun ini," tandasnya. (mmbse)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top