Reuni Akbar Alumni Fakultas Teknik Unikarta Diisi Berbagai Kegiatan

Mining Competition salah satu rangkaian acara yang digelar dalam rangka reuni akbar Fatek Unikarta
(Foto: Endi)

Tenggarong-Berbagai kegiatan digelar dalam reuni akbar Fakultas Teknik (Fatek) Universitas Kutai Kartanegara (Unikarta), Sabtu (29/10/2022).

Rangkaian acara yang berlangsung selama sehari diawali dengan kegiatan sosial donor darah hasil kerja sama Fatek Unikarta dan Palang Merah Indonesia (PMI) Kukar.

Ketua panitia pelaksana, Hendra mengungkapkan, acara ini merupakan temu kangen para alumni dari berbagai angkatan, pasalnya reuni akbar belum pernah digelar sejak Fatek berdiri di tahun 1998 hingga sekarang.

"Setelah 2 tahun pandemi, inilah momentnya selama 24 tahun berdirinya Fakultas Teknik baru kita bisa mengadakan acara," ujar pria yang berdinas di Kementerian ESDM ini.

Kegiatan reuni juga diisi senam zumba yang melibatkan seluruh alumni dan civitas akademika termasuk masyarakat, serta pembagian door prize menarik.

"Setelah itu kita lanjut dengan Fatek Mining Competition yang bertujuan untuk mengingatkan kembali kepada mahasiswa ketika masa perkuliahan dulu," terangnya.

Rangkaian acara lainnya berupa bedah buku dengan tema bincang penulis, menghadirkan narasumber Yustina Hong Lawing yang merupakan akademisi dan penulis.

"Kemudian diskusi panel yang dihadiri Dekan Fatek, Pembantu Rektor dan Rektor Unikarta. Ada juga kuliah umum terbuka pada jam 4 sore, dan Insya Allah dilanjutkan dengan acara puncak pada malam hari nanti," sambung Hendra yang juga menjadi pembicara dalam diskusi panel tersebut.

Meski demikian, tidak semua alumni Fatek Unikarta bisa hadir dalam reuni akbar ini lantaran beberapa diantaranya kini bertugas di luar Kukar.

"Tidak semua bisa hadir, karena alumni kita tersebar di seluruh Indonesia, ada yang di Sulawesi, Sumatera, dan wilayah lainnya. Tapi prinsifnya mereka mendukung supaya acara ini bisa sukses," kata Hendra lagi.

Ditambahkannya, selama 24 tahun Fatek Unikarta berdiri, sudah banyak menelurkan alumni yang bekerja di perusahaan pertambangan batu bara maupun mineral. 

"Kedepan dari fakultas lain di Unikarta mencoba bersama-sama membangun dalam kegiatan pertambangan ini, jadi tidak hanya Fakultas Teknis yang menjadi leader, tapi juga Fakultas lain untuk bekerja di perusahaan tambang," tandas dia.

Ketua Ikatan Alumni (IKA) Fatek Unikarta periode 2022-2024 Julyas Vico mengaku jika antusiasme alumni yang akan hadir dalam reuni akbar ini diluar ekspektasi.

"Animo teman-teman alumni untuk hadir itu luar biasa, karena dari konfirmasi kehadiran sudah mencapai 235 orang, itu belum beserta teman-teman mahasiswa yang akan hadir, kemudian dosen-dosen kita yang masih aktif dan tidak aktif lagi juga kita undang," bebernya.

Dirinya berharap kegiatan reuni akbar ini dapat menjadi ajang silaturahmi antara alumni dan mahasiswa Fatek.

"Karena setelah 24 tahun banyak alumni yang tidak dikenal sama mahasiswa, jadi ini media untuk saling berkenalan, bersilaturahmi dengan lebih erat, kemudian alumni dengan phak fakultas, dengan universitas untuk saling silaturahmi lagi," demikian disampaikan Vico. (Adv/mmbse)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top