Kelurahan Panji Dicanangkan Sebagai Kampung Bebas Narkoba

Launching Kampung Bebas Narkoba di Taman Miami Rondong Demang, Kelurahan Panji, Tenggarong
(Foto: Humas Polres Kukar)

Kampung Bebas Narkoba di wilayah hukum Polres Kutai Kartanegara (Kukar) resmi dilaunching di Taman Miani Rondong Demang, Kelurahan Panji, Tenggarong, Kamis (31/08/2023) pagi tadi.

Selain jajaran pejabat di lingkungan Polres Kukar, kegiatan ini juga dihadiri Ketua DPRD Kukar Abdul Rasid, Lurah Panji Isnaniah, Sekcam Tenggarong, perwakilan Kesbangpol Kukar, Forum RT Kelurahan Panji beserta tokoh masyarakat setempat.

Launching Kampung Bebas Narkoba ini dirangkai dengan pengukuhan Satgas Anti Narkoba, serta pemberian piagam penghargaan.

Kapolres Kukar AKBP Hari Rosena dalam sambutannya mengatakan kegiatan Pencanangan Kampung Tangguh Anti Narkoba di wilayah Kelurahan Panji ini.merupakan terobosan kreatif untuk membina masyarakat.

"Agar turut serta aktif dalam melakukan pencegahan terhadap peredaran dan penyalahgunaan narkoba di Kabupaten Kutai Kartanegara khususnya di Kelurahan Panji," ujarnya.

Dengan adanya kampung bebas narkoba, diharapkan agar Kelurahan.Panji dapat menjadi contoh dan teladan bagi Kelurahan atau desa lainnya sebagai ujung tombak dalam pencegahan peredaran dan penyalahgunaan narkoba.

"Dan saya mengucapkan terimaksih kepada seluruh pihak dan seluruh masyarakat Kelurahan Panji yang mau berkomitmen memerangi narkoba. Narkoba merupakan salah satu penyakit masyarakat yang benar benar kita perangi dan kerjasama dari semua pihak sangat kita butuhkan," kata Kapolres.

Setelah pencanangan Kampung Bebas Narkoba ini, giat sosialisasi pemahaman narkoba akan segera berkelanjutan dilakukan melalui sinergi dengan instansi terkait.

"Kami sangat berharap Kelurahan Panji ini dapat memberikan contoh, berani berkomitmen menjadi Kelurahan yang bersih dari narkoba," tandasnya.

Sementara itu Asisten III Setkab Kukar Totok Heru Subroto menegaskan, pemerintah daerah mengapresiasi sinergisitas Polres Kukar dan seluruh stake holder serta mendukung upaya kepolisian dalam memutus mata rantai peredaran narkoba di Kukar. 

"Penyalahgunaan narkoba telah menjadi masalah semua bangsa di dunia ini yang tentu saja menimbulkan berbagai kerugian dan kerusakan bagi negara, mulai dari penurunan kualitas kesehatan masyarakat, kualitas SDM hingga kerugian material maupun kerugian ekonomi," ucapnya.

Sebagai langkah antisipasi, sambung Totok, tentunya tidak akan berhasil tanpa adanya sinergitas dan keterlibatan seluruh komponen masyarakat secara langsung.  (*)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top