Polres Kukar Siap Gelar Operasi Keselamatan Mahakam 2024, Berikut Yang Jadi Prioritas Pelanggaran

Kapolres Kukar AKBP Heri Rusyaman tinjau pasukan pada apel Ops Keselamatan Mahalam 2024
(Foto: Humas Polres Kukar) 

Apel gelar pasukan dalam rangka Operasi Keselamatan Mahakam 2024 dan pencanangan aksi keselamatan jalan berlangsung di halaman Mako Polres Kutai Kartanegara (Kukar), Sabtu (02/03/2024) pagi tadi.

Usai pemeriksaan pasukan, Kapolres Kukar AKBP Heri Rusyaman menyematkan pita tanda dimulainya operasi dan pin keselamatan kepada perwakilan peserta apel yang dilanjutkan dengan pembacaan Ikrar oleh perwakilan komunitas roda dua.

Dalam amanat yang dibacakannya, Kapolres Kukar AKBP Heri Rusyaman menyampaikan beberapa hal, diantaranya, Polri khususnya Polantas bersama stake holder terkait dan pemerintah mempunyai peran serta tanggung jawab guna meningkatkan kepedulian, kesadaran dan kepatuhan masyarakat terhadap budaya tertib berlalu lintas.

"Ini adalah merupakan tujuan utama operasi keselamatan mahakam 2024, dalam rangka cipta kondisi kamseltibcarlantas menjelang idul fitri 1445 H, seiring tahapan penghitungan suara pemilu damai 2024," ucapnya.

Dihadapan jajarannya serta hadirin dan peserta apel dari berbagai unsur, Heri mengatakan, apel gelar pasukan dan pencanangan aksi keselamatan jalan ini untuk mengetahui kesiapan personel, sarana dan prasarana pendukung lainnya.

"Sehingga operasi keselamatan mahakam tahun 2024 yang digelar selama 14 hari ke depan, terhitung tanggal 04 sampai dengan 17 maret 2024, diharapkan dapat berjalan dengan optimal efektif, sesuai dengan tujuan, sasaran dan target operasi keselamatan mahakam tahun 2024, dan pencanangan aksi keselamatan jalan dapat berjalan dengan baik dan lancar," cetusnya.

Lanjut dia, berdasarkan data operasi keselamatan mahakam selama 2 tahun terakhir, diketahui bahwa telah terjadi kenaikan pada angka pelanggaran dan kecelakaan hingga korban ataupun pelaku meninggal dunia cukup signifikan. 

"Hal tersebut disamping semata-mata karena kurangnya tingkat budaya disiplin dan kepatuhan para pengguna jalan, tidak menutup kemungkinan faktor cuaca dan kondisi jalan, maka kehadiran polri sangat diharapkan di tengah tengah masyarakat dalam melindungi, mengayomi serta melayani secara profesional, mencermati hal tersebut, gelaran operasi keselamatan mahakam dan pencanangan aksi keselamatan jalan tahun ini," kata dia.

Adapun hal yang menjadi prioritas pada operasi keselamatan 2024 adalah sebagai berikut, berkendara tidak menggunakan helm SNI, berkendara dengan melawan arus, berkendara dalam keadaan mabuk. pengendara masih dibawah umur.

Kemudian berkendara dengan menggunakan knalpot tidak sesuai spesifikasi teknis dan tidak ramah lingkungan, berkendara dengan batas yang melebihi kecepatan, berkendara dengan tidak menggunakan sabuk keselamatan, berkendara sambil menggunakan HP, serta Odol (over dimensi dan overload)

"Dengan demikian pelaksanaan operasi keselamatan mahakam tahun 2024 diharapkan dapat meningkatkan budaya disiplin dan tertib dalam berlalu lintas serta kepatuhan masyarakat terhadap keselamatan diri dan orang lain yang akan berdampak pada menurunnya angka pelanggaran maupun fatalitas kecelakaan lalu lintas," tandas Heri. (*/mmbse)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top