Annisa Nisfihani Komikus dan Ilustrator Muda Asal Tenggarong

Masyarakat Kota Tenggarong patut berbangga dengan prestasi generasi muda di daerahnya, salah satunya adalah Annisa Nisfihani, Seorang Komikus dan juga Ilustrator lepas yang kini mulai dikenal berkat karyanya yang berjudul Me vs Big Slacker Baby.

Ketertarikan Annisa pada dunia komik sudah dimulai saat ia masih duduk di bangku sekolah dasar, "Awal mulanya karena waktu kecil dari SD suka baca komik, tiruin gambarnya, akhirnya suka dan coba bikin walau cuma hobi," tuturnya.

Salah satu karya Annisa Nisfihani, Me vs Big Slacker Baby
Foto: Annisa Nisfihani
Kala itu, saat mengetahui hobinya menggambar, orang tuanya sempat tidak setuju, "Waktu tau ya nggak di izinin, karena ya ganggu waktu belajar, buku tulis sekolah suka habis di coretin, kalau ketahuan di marahin," kenangnya.

Ketika kelas 1 SMA, dirinya mulai serius menekuni hobi sebagai komikus, Ia pun nekat mencoba mengirimkan karyanya ke penerbit, padahal saat itu Annisa merasa skillnya belum mencukupi dan hanya belajar secara otodidak.

Karya yang ia kirim ternyata di tolak penerbit dan sempat membuatnya down, Kelas 3 SMA, Annisa mempelajari lagi letak kesalahannya dan mencoba lagi mengirimkan karyanya, namun kembali di tolak, Ia akhirnya pasrah.

Saat kuliah, Annisa pun belajar dari kegagalan sebelumnya, "Pas kuliah kenal internet, belajar dari jejaring sosial, jadi tau salahnya dimana, kirim lagi, akhirnya diterima, masih penerbit elexmedia waktu itu," ujarnya. Melihat keseriusannya, orang tua Annisa mulai luluh, "Akhirnya mulai di dukung, tadinya saya diminta jadi pegawai negeri," tuturnya lagi.

Saat mulai aktif berkarya, Annisa pernah merasakan kesulitan untuk mengirimkan karyanya, "Akses internet yang suka nggak stabil karena sekarang kan berhubungan sama penerbit lewat email, listrik yang sering mati, apa lagi pas lagi di Samarinda, kalau Tenggarong kan sudah jarang mati lampu," ungkapnya.

Berkat kesabaran dan keseriusannya, Annisa pun pernah mendapatkan award dari darmizan. Kini ia telah merasakan hasilnya dan bekerja menjadi komikus di Re:on Comics, Ilustrator novel pink berry club darmizan, serta sebagai ilustrator lepas.

Jebolan fakultas Ekonomi jurusan Ilmu Ekonomi dan Studi pembangunan Universitas Mulawarman tahun 2013 ini, telah menghasilkan 3 buah karya, yakni Geng bokek (elex media), Burung (Bubblepop kompilasi komik darmizan), dan Me vs Big Slacker Baby "On going" (re:on comics).

Annisa juga pernah mengikuti beberapa event, seperti Anicult di Surabaya tahun 2013, Mangafest Jogja 2014, dan Hellofest 10 Jakarta. Ia di undang dan hadir sebagai komikus re:on comics (Majalah kompilasi khusus komik Indonesia).

Mengenai kelanjutan karirnya sebagai komikus, dirinya hanya ingin terus meningkatkan kualitas dan terus belajar, selama masih bisa menggambar, Annisa tetap ingin menjadi komikus maupun ilustrator dan ikut memajukan komik di Indonesia baik dalam maupun luar negeri.

Gadis kelahiran 9 Maret ini juga berpesan kepada mereka yang ingin mengasah bakatnya menjadi seorang komikus, "Berani mencoba dan jangan patah semangat, asal ada niat dan usaha segera beraksi, dan mari kita memajukan perekonomian tanah air," pungkasnya. (ekn)

Annisa Nisfihani, Komikus dan Ilustrator asal kota Tenggarong
Foto: Istimewa


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top