Sanggar Seni di Kukar Tampilkan Tari Tradisional

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kukar kembali menggelar pentas hiburan musik dan tarian dari sejumlah sanggar seni, Minggu (10/04) sore, di panggung Creative Park Tenggarong. Meski sempat diguyur hujan, sejumlah penari tetap tampil semangat membawakan berbagai jenis tarian khas Kutai dan Dayak.

Sanggar tari Karya Budi tampil di panggung creative park
Foto: Endi
Acara yang dimulai sekitar pukul 16.00 WITA ini menampilkan tari jepen pesisir persembahan sanggar tari Karya Budi Tenggarong. Sedangkan dari Kecamatan Sebulu menampilkan tarian khas dayak dari sanggar tari Pokan Taqak dan Saman Taqak.

Kasi Perlindungan dan Pengamanan Karya Seni Disbudpar Kukar, Surya Gunawan, mengatakan, acara yang digelar setiap bulan ini bertujuan untuk mengembangkan seni budaya lokal seperti musik, lagu dan tari tradisional. "Di Kukar banyak sanggar tari, mereka sering latihan, tapi jarang tampil, kecuali pada saat tertentu seperti pesta adat Erau," terangnya.

Ia mengatakan, Disbudpar Kukar hanya memfasilitasi sanggar tari tersebut, sedangkan lokasi acara biasanya mengambil tempat yang memang sering dikunjungi masyarakat, terutama saat hari libur, namun tidak semua sanggar tari ditampilkan, sebab ada sanggar tari yang hanya menggunakan musik hasil olahan studio rekaman, "Sanggar tari yang tampil kami seleksi, utamanya yang tampil dengan iringan pemain musik tradisional seperti tingkilan," tutur pria yang akrab disapa Uya ini.

Dikatakan Uya, acara ini merupakan yang ketiga kalinya setelah sebelumnya digelar pada 16 dan 23 April 2015 lalu, di pentas seni Kampong Kutai dan Taman Ulin. Ia menambahkan, setiap kali digelar ada 3 sanggar tari yang tampil, ditambah dengan penampilan penyanyi lagu-lagu daerah Kutai dengan iringan pemain musik elektone. (ekn)





Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top