Sempekat Keroan Kutai, Sarana Membangun Budaya Bangsa

Organisasi budaya Sempekat Keroan Kutai (SK2) diharapkan dapat terus memperkokoh falsafah, tata nilai, dan kreativitas seni yang telah ada selama ini, dan tetap berpijak kuat pada akar tradisi yang terbangun dari kehalusan budi dan tata nilai masyarakat Kutai yang berbudaya dan religius.

Pengurus Sempekat Keroan Kutai
Foto: Endi
“Sempekat Keroan Kutai harus kita jadikan sarana untuk membangun budaya kebangsaan yang sangat penting dalam menyikapi peradaban dewasa ini,” ujar Bupati Kukar, Rita Widyasari, dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Assisten IV Setkab Kukar H Bahrul, usai pengukuhan pengurus SK2.

Ia berharap, Dengan kembalinya Sempekat Keroan Kutai, akan semakin meningkatkan eksistensi budaya masyarakat adat Kutai sebagai kekayaan budaya Nasional, dan dapat menjadi penyeimbang serta memberikan kontribusi nyata dalam memberikan solusi maupun aksi untuk membangun daerah. 

“Melestarikan kebudayaan bukan hanya tanggung jawab pemerintah saja, Namun menjadi tanggung jawab kita semua, masyarakat secara langsung juga harus bertanggung jawab atas kelestarian kebudayaan ditanah Kutai, Pemerintah hanya memberikan stimulus atau rangsangan saja,” tegasnya.

Sementara itu, Petinggi Pore SK2, DR Sabran SE MSi, mengatakan, Organisasi budaya yang kini dipimpinnya, sejak didirikan 9 tahun lalu tetap konsisten untuk mengawal adat istiadat serta budaya Kutai. “Tidaklah berlebihan visi yang dimiliki Sempekat Keroan Kutai, yakni mewujudkan kesadaran urang Kutai yang memiliki tatanan budaya yang tinggi, sejahtera, bermartabat dan memiliki kompetensi diri,” imbuhnya.

Pengurus Kerapatan Pore Sempekat Keroan Kutai (SK2), masa bakti 2015-2020, telah dikukuhkan secara resmi oleh Sultan Kutai Kartanegara Ing Martadipura, Haji Adji Mohd Salehoeddin II, di hotel Grand Elty Singgasana, Tenggarong, Senin (18/05) kemarin.

Acara pengukuhan ini juga disaksikan oleh Kepala Dinas/Instansi, tokoh masyarakat dan paguyuban, Ketua DPRD Kukar, Pejabat Muspikab, anggota DPRD Kaltim Syarkowi V Zahri, mantan Bupati Kutai H Said Sjafran, mantan Sekda Kutai H Syahrial Setia, serta sejumlah undangan lainnya. (ekn)



Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top