Petinggi Pore SK2 Dikukuhkan

Sempekat Keroan Kutai (SK2) sebagai organisasi budaya yang didirikan 9 tahun lalu tetap konsisten untuk mengawal adat istiadat serta budaya Kutai yang memiliki nilai dan makna yang sangat tinggi. Dan ini terus dipertahankan serta diperkenalkan kepada generasi penerus, khususnya di benua Kutai Raya.

Tidak lah berlebihan visi yang dimiliki Sempekat Keroan Kutai, yakni mewujudkan kesadaran urang Kutai yang memiliki tatanan budaya yang tinggi, sejahtera, bermartabat dan memiliki kompetensi diri.

Sabran, Petinggi Pore SK2 periode 2015-2020
Foto: Endi
"Untuk mewujudkan ini, dalam Kerapatan Pore II telah dibuat semboyan organisasi yang mampu memberikan daya juang, motivasi dan inspirasi bagi seluruh keroan densanak yaitu Betulungan Etam Rakat, Kutai Jagau," ujar Dr Sabran SE MSi.

Dikatakan Sabran, Semboyan SK2 memiliki makna yang mendalam, untuk 'Jagau' diartikan hebat di bidang ekonomi, sosial, politik, pemerintahan dan lainnya.

"Maka diperlukan sikap kebersamaan, saling membantu, saling memberikan nasehat, saling betulungan. Dengan betulungan, yang tadinya tidak bisa, menjadi bisa dan seterusnya," lanjutnya.

Sabran menyampaikan sambutan tersebut usai dikukuhkan oleh Sultan Kutai Kartanegara Ing Martadipura, Haji Adji Mohd Salehoeddin II, sebagai Petinggi Pore Sempekat Keroan Kutai (SK2) periode 2015-2020 bersama sejumlah pengurus lainnya.

"Mari kita bersama-sama dengan seluruh pemangku kepentingan di daerah ini untuk betulungan dan bersama-sama menjaga kedamaian dan ketentraman agar terwujudkan odah etam yang damai, karena damai itu indah," ujarnya lagi.

Pria yang juga menjabat sebagai Rektor Unikarta ini terpilih menjadi Petinggi Pore atau pemimpin organisasi budaya Sempekat Keroan Kutai, menggantikan H Awang Yacoub Luthman, setelah melalui musyawarah Kerapatan Pore SK2 yang berlangsung, Sabtu (16/05) siang, di Hotel Grand Fatma, Tenggarong.

Pengukuhan SK2 berlangsung di Ballroom Mulawarman, Hotel Grand Elty Singgasana, Tenggarong, Senin (18/05), dirangkai dengan pengucapan ikrar dari Ketua paguyuban yang ada di Kukar. Sejumlah undangan hadir dalam acara ini, Sedangkan Bupati Kukar, Rita Widyasari. berhalangan hadir dan diwakilkan kepada Asisten IV Bidang Kesejahteraan Rakyat, H Bahrul. (ekn)

Pengukuhan Pengurus Sempekat Keroan Kutai di Hotel Grand Elty Singgasana, Senin 18 Mei 2015
Foto: Endi

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top