Pelajar dan Mahasiswa Ikuti Tes Psikologi di Mapolres Kukar

Siswa/siswi SMA dan kalangan mahasiswa di Kukar mengikuti tes psikologi yang dilaksanakan di Mapolres Kukar
Foto: Dok.Humas Polres Kukar

Polda Kaltim bekerja sama dengan Polres Kukar menyelenggarakan kegiatan Tes Psikologi yang diikuti oleh 120 siswa/siswi kelas tiga dari beberapa Sekolah Menengah Atas (SMA) serta kalangan mahasiswa di Kukar, yang digelar di Ruang Catur Prasetya, Mapolres Kukar, Selasa (29/03) siang.

Menurut Kabag Sumda, Kompol Winarto, Kegiatan Psikologi sebenarnya dilakukan untuk anggota Polres Kukar, terutama bagi pemegang Senjata api (Senpi). Namun pihaknya mencoba menerapkan kepada para siswa/siswi tersebut agar nantinya tidak kaget ataupun canggung saat menghadapi tes.

"Kebetulan kegiatan Psikologi untuk anggota Polres Kukar, Jadi sekalian kami terapkan untuk mengenalkan contoh atau jenis soal yang di tanyakan pada saat tes nanti dan pemberian tes kepada calon siswa ini baru pertama kali dilakukan di Polres Kukar," terangnya.

Ia mengatakan, Dalam tes ini para peserta diberikan pembekalan dan pengenalan dasar tingkat awal untuk menjadi anggota Polri serta diberikan sedikit materi. Karena untuk lolos menjadi anggota Polri ada beberapa tahapan yang harus ditempuh salah satunya tes psikologi.

"Salah satu syarat lulus menjadi anggota Polri iyalah tes Psikologi. Jadi biar mereka tidak kaget dan mau belajar teknik atau contoh soal dalam ujian tes Psikologi untuk menjadi seorang Polisi," lanjutnya.

Tujuan dari pemberian tes dasar ini sambung Winarto, Merupakan rencana dari Polres Kukar agar para calon yang berasal Wilayah Kukar mendapatkan kouta yang lebih besar dari tahun sebelumnya.

"Ini merupakan program dari Polres Kukar untuk menjaring Calon Polri Khususnya dari Kukar yang dapat lolos menjadi polri semakin banyak, bukan sekedar lolos melainkan memiliki kemampuan yang diatas rata-rata," jelasnya.

Ditambahkanya, Untuk menjadi seorang polisi bukan sekedar kesempurnaan fisik melainkan salah satu hal yang mutlak adalah harus mampu lulus dalam tes psikologi dan matang secara kejiwaan maupun secara intelektual.

"Untuk menjadi seorang anggota Polri para siwa harus matang secara kejiwaan dan intelektual serta mampu diatas rata-rata orang pada umumnya," ujarnya.

Winarto pun bersyukur, Karena para peserta sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut. "Alhamdulillah dengan kegiatan ini para peserta yang rata rata masih pelajar sangat antusias untuk mengikuti tes psikologi, ini terlihat dari jumlah yang hadir," ucapnya. (end)

Foto: Dok.Humas Polres Kukar



Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top