Parikesit Mother Care Berikan Kenyamanan Bagi Ibu Bersalin

dr Martina Yulianti (kiri) saat mendampingi Bupati Rita Widyasari meninjau fasilitas Parikesit Mother Care
Foto: Endi

Parikesit Mother Care merupakan layanan yang memberikan kenyamanan bagi ibu bersalin, bayi dan keluarga. Terdapat pula konseling menyusui, edukasi bagi ibu dalam merawat bayinya dan dirinya sendiri selama masa nifas. 

Layanan yang juga menyediakan pijat bayi ini, merupakan fasilitas baru milik RSUD AM Parikesit, Tenggarong Seberang, disamping beberapa layanan terbaru lainnya. 

"Kita punya Parikesit Mother Care, terintegrasi dengan ibu-ibu bersalin yang ingin mendapatkan perlakuan khusus, ingin tidak dilihat banyak orang misalnya ketika dirawat, jadi ketika dia masuk langsung lewat belakang tidak lewat IGD," ujar Direktur RSUD AM Parikesit, dr Martina Yulianti, Sabtu (16/09) lalu.

Disamping itu, ibu - ibu yang telah bersalin pun akan dimanjakan dengan layanan lain seperti creambath ketika akan meninggalkan rumah sakit, dan penjemputan di rumah bagi ibu yang akan melahirkan secara terencana.

Meski demikian kata wanita yang akrab disapa dokter Yuli ini, ibu bersalin yang melahirkan bukan di Parikesit Mother Care tidak bisa mendapatkan layanan serupa.

"Bukan berarti yang bukan dari kelas itu tidak bisa mendapatkan edukasi dan tidak bisa mendapatkan layanan salon," ucapnya.

Parikesit Mother Care sendiri telah menjalin kerjasama dengan BPJS, dimana paket bersalin ibu hamil yang akan melahirkan hanya dibayar selisihnya.

"Kita kan paketnya persalinan biasa itu Rp 10 juta, kalo BPJS menanggung sekitar Rp 4,5 juta, maka tinggal membayar Rp 5,5 juta. Kalo operasi Rp 20 juta, juga dibayar selisihnya," rinci Yuli.

Dengan adanya layanan baru ini, Yuli berharap ibu-ibu bersalin dari kalangan mampu memilih melahirkan di Parikesit Mother Care.

"Lebih baik kita siapkan disini, kita berharap semakin banyak orang dari luar yang mungkin secara sementara bertugas disini mau melahirkan di Tenggarong," harapnya.

Ditambahkannya lagi, layanan tersebut juga memberikan penyediaan surat keterangan lahir dari rumah sakit serta akte kelahiran segera setelah bayi lahir.

"Dalam waktu dekat kita akan menjalin kerjasama dengan Disdukcapil, jadi begitu bayi lahir langsung bisa keluar akte, karena sebenarnya sudah berjalan proses itu, tinggal disambung aja aplikasinya," sebut Yuli. (end)


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top