Mutasi Pamen Polri, AKBP Fadillah Zulkarnaen Jabat Kapolres Kukar

Kapolres  Kukar yang baru AKBP Fadillah Zulkarnaen (kanan), dan AKBP Handoko (kiri) yang kini diangkat sebagai Kapolres Berau
Foto: Polres Kukar

Setelah setahun mengemban tugas sebagai Kapolres Kutai Kartanegara (Kukar), Jabatan AKBP Handoko kini resmi digantikan oleh AKBP Fadillah Zulkarnaen yang sebelumnya menjabat sebagai Kasubdit IV Ditreskrimsus Polda Riau.

Mutasi perwira menengah (Pamen) ini sesuai dengan surat telegram Kapolri Jenderal Pol. Badrodin Haiti, Nomor ST/1063/IV/2016, Tanggal 28 April 2016, dimana AKBP Handoko diangkat dalam jabatan baru sebagai Kapolres Berau menggantikan AKBP Anggie Yulianto Putro yang kini menjabat sebagai Wadir Lantas Polda Gorontalo.

Dikatakan Fadillah Zulkarnaen, Amanah serta kepercayaan yang diberikan kepadanya akan dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. Dirinya akan terlebih dahulu melakukan konsolidasi internal dengan seluruh jajaran yang ada, agar kedepannya mampu melaksanakan tugas-tugas dan pengamanan di wilayah hukum Polres Kukar.

"Kami juga memohon bantuan dan partisipasi serta dukungan dari masyarakat untuk sama-sama menjaga situasi Kamtibmas di wilayah kita ini tetap kondusif," ujarnya saat ditemui usai mendengarkan laporan kesatuan dari AKBP Handoko, Sabtu (14/05) pagi.

Kapolres juga berencana secara bertahap akan menyambangi pemerintah daerah, unsur-unsur instansi terkait termasuk TNI agar bisa saling bersinergi."Mudah-mudahan dengan bersinergi bersama-sama kita bisa mendukung pembangunan di wilayah Kukar ini," harap pria yang pernah betugas di daerah konflik di Aceh ini.

Penyambutan AKBP Fadillah Zulkarnaen berlangsung di Mapolres Kukar, diawali dengan ritual adat Kutai yakni prosesi tepong tawar dan ketikai lepas yang dipimpin oleh seksi sakral Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura, Awang Demang Natakrama.

Kemudian Kapolres mengikuti upacara farewell parade yang dihadiri Wakapolres Kukar Kompol Indratmoko, Jajaran perwira serta Kapolsek dari 18 kecamatan. Ditutup dengan acara pelepasan AKBP Handoko beserta istri ke tempat tugas yang baru.

Untuk diketahui, Prosesi serah terima jabatan (Sertijab) dari AKBP Handoko kepada AKBP Fadillah Zulkarnaen telah berlangsung pada Jum'at (13/05), dipimpin Kapolda Kaltim, Irjen Pol Safaruddin di Mapolda Kaltim, Balikpapan. (end)


Kesan dan Pesan AKBP Handoko Selama Memimpin Polres Kukar

Sebelum meninggalkan Mapolres Kukar, AKBP Handoko sempat menyatakan kesannya selama berada di Kukar."Masyarakat disini cukup heterogen, masing-masing punya karakter dan itu jadi tantangan tersendiri buat saya dalam menghadapi atau menangani permasalahan yang ada di wilayah ini," tuturnya.

Namun dikatakannya, seluruh permasalahan yang dihadapi selalu dikoordinasikan dengan baik oleh seluruh jajarannya, sehingga permasalahan bisa selesai dengan tuntas dan tidak pernah ada kendala. 

"Berkat dukungan masyarakat, Selama satu tahun menjabat di Polres Kukar ini situasi kondisi Kamtibmas relatif kondusif, Kriminalitas turun, namun yang meningkat adalah kasus-kasus narkoba, ini menjadi tantangan kedepan bagi pejabat Kapolres yang baru," ucapnya.

Handoko berpesan agar upaya pemberantasan narkoba tidak cukup dengan penegakan hukum atau penangkapan pelakunya."Yang lebih penting lagi bagaimana sosialisasi pendidikan kepada anak-anak usia dini tentang bahaya narkoba," tegasnya.

Ia pun meminta seluruh pihak bekerja sama dan memberikan dukungan kepada Polres Kukar."Membangun kesadaran hukum kepada masyarakat merupakan hal yang sangat penting dan itu yang kami perlukan," pungkasnya. (end)









Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top