Wakil Bupati Kukar Pimpin Apel Gelar Pasukan Pengamanan Lebaran


Peninjauan pasukan pengamanan lebaran oleh Wakil Bupati Kukar, Edi Damansyah, di halaman Mapolres Kukar
Foto: Andik/Humas Polres Kukar

Operasi Ramadniya 2016 Berlangsung selama 16 Hari

Wakil Bupati (Wabup) Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah, memimpin apel gelar pasukan pengamanan lebaran tahun 2016 di halaman Mapolres Kukar, Kamis (30/06) pagi tadi. Apel ini berlangsung serentak di seluruh Polda dan Polres tanah air.

Edi Damansyah mengatakan, Apel tersebut bertujuan untuk mengecek kesiapan akhir personil beserta kelengkapannya, baik dari Polri maupun unsur terkait serta segenap potensi masyarakat yang terlibat dalam pengamanan hari raya Idul Fitri 1437 hijriyah yang akan berlangsung mulai hari ini hingga 15 Juli mendatang.

"Melalui kegiatan ini diharapkan rencana operasi yang telah dipersiapkan dengan matang dapat dilaksanakan dengan baik dan sinergis bersama seluruh stakeholders terkait, agar situasi Kamtibmas maupun Kamseltibcar Lantas yang kondusif dapat terwujud," ujar Wabup membacakan amanat tertulis Kapolri Jendral Badrodin Haiti.

Kegiatan pengamanan yang diberi nama operasi Ramadniya (Ramadhan dan Hari Raya) 2016 mengandung arti secara harafiah yakni suci, adil dan sempurna. Operasi Ramadniya ini menggantikan nama sandi operasi Ketupat.

"Dalam pelaksanaan operasi Ramadniya telah ditetapkan beberapa target yang harus dicapai yaitu, terciptanya rasa aman dan nyaman bagi masyarakat yang melaksanakan kegiatan perayaan hari raya Idul Fitri, baik pada saat beribadah puasa sholat tarawih, sholat Ied, berwisata, maupun berbagai aktivitas lainnya," tuturnya.

Sebagai perwakilan pemerintah daerah, Wabup berharap partisipasi seluruh masyarakat Kukar agar bisa saling bersinergi untuk menjaga situasi Kamtibmas."Menjaga Kamtibmas ini bukan hanya tugas dari Polri saja tetapi juga tugas kita bersama termasuk komponen masyarakat," imbuhnya.
Wakil Bupati Kukar, Edi Damansyah, memimpin apel gelar pasukan pengamanan lebaran 2016 di Mapolres Kukar
Foto: Andik/Humas Polres Kukar

Wakil Bupati juga menyampaikan apresiasi atas pengamanan yang dilakukan jajaran kepolisian dalam hal ini Polres Kukar atas upaya maksimal demi memberikan rasa aman terhadap masyarakat.

"Atas nama pemerintah kabupaten Kutai Kartanegara, Kami menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada jajaran Polres Kukar terhadap pengamanan secara khusus pada perayaan Idul Fitri tahun ini," ucapnya.

Usai memimpin upacara, Edi Damansyah meninjau kesiapan pasukan yang terdiri dari unsur Polri, TNI, Satpol PP, Dinas Perhubungan, Senkom, Kesehatan dan Damkar BPBD Kukar, sekaligus menyematkan pita ke perwakilan peserta apel sebagai tanda dimulainya operasi Ramadniya 2016.

Selanjutnya Wakil Bupati bersama Kapolres Kukar AKBP Fadillah Zulkarnaen, Wakapolres Kompol Indratmoko, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kukar, Marsidik, Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Tenggarong, Kasmin SH dan Ketua DPRD Kukar, Salehuddin, memeriksa kendaraan unit patroli mobil dan motor serta mobil Damkar yang akan digunakan dalam operasi pengamanan lebaran. (adv/kominfo/k2n)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top