Semarak Lomba Begera'an Sahur di Muara Muntai

Salah satu regu peserta lomba begera'an sahur di desa Muara Muntai Ilir, Kecamatan Muara Muntai, Kukar
Foto: Istimewa

Lomba Begera'an Sahur di desa Muara Muntai Ilir, Kecamatan Muara Muntai, Kukar, Jum'at (02/07) lalu, berlangsung semarak. Warga nampak antusias menyaksikan setiap regu yang melintasi kediaman mereka.

Lomba yang dimulai pada pukul 00.30 Wita ini diikuti oleh 18 peserta, setiap regu mengenakan kostum berbeda. Sedangkan rute start dimulai dari depan masjid Nurul Iman, desa Kayu Batu dan berakhir di jembatan Bongkok, desa Muara Muntai Ulu.

Ketua panitia pelaksana, Muhammad Azhari mengatakan, Lomba Begera'an sahur tersebut digelar oleh Ikatan Remaja Langgar (IRLA) Darussalam, desa Muara Muntai Ilir, untuk menyemarakkan bulan suci Ramadhan 1437 hijriyah.

Menurutnya, pemenang dalam lomba ini dinilai berdasarkan beberapa kriteria yang meliputi keindahan tabuhan, variasi tabuhan, jenis alat musik yang digunakan serta ketertiban para peserta saat mengikuti lomba.

"Peralatan yang diperbolehkan untuk mengikuti lomba yaitu harus menggunakan alat-alat tradisional seperti kentongan atau tabuhan, tidak diperkenankan menggunakan alat musik diluar ketentuan yang ditetapkan panitia," ujarnya.

Berdasarkan kriteria penilaian pemenang sambungnya, dari 18 regu ada tiga peserta yang berhak menjadi juara, yakni Ertiga Doank dari desa Muara Muntai Ilir (Juara 1), Kumpay Harok, desa Muara Muntai Ulu (Juara 2), dan Ertiga Junior, desa Muara Muntai Ilir (Juara 3).

Masing-masing pemenang lomba berhak mendapatkan uang tunai sebesar Rp 1 juta untuk juara 1, Rp 750 ribu juara 2, dan juara 3 Rp 500 ribu.

Selain warga setempat, Lomba Begera'an sahur ini juga disaksikan oleh Pj Kepala Desa (Kades) Muara Muntai Ilir, Kades Muara Muntai Ulu, Tokoh masyarakat desa Muara Muntai Ilir, serta tokoh pemuda. (end)






Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top