Anggota Pramuka Bersihkan Sampah di Sungai Tenggarong

Sejumlah anggota pramuka dibantu personil TNI mengumpulkan berbagai jenis sampah di sungai Tenggarong
Foto: Endi

Pertemuan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega dalam bentuk perkemahan besar atau raimuna, yang dimulai sejak Selasa (17/10) lalu di Bumi Perkemahan (Buper) Waduk Panji-Sukarame Tenggarong, diisi dengan berbagai kegiatan.

Salah satunya adalah kegiatan bakti sosial membersihkan sampah di sungai Tenggarong yang berada di sepanjang jalan Kartini dan jalan Panjaitan, Rabu (19/10) pagi. 

Untuk mengumpulkan sampah yang mengambang di sungai tersebut, beberapa kelompok kemudian disebar menggunakan perahu ces dibantu personil BPBD Kukar, TNI, Satpol PP dan juga polisi.

"Tujuan kita ingin membuktikan bagaimana eksistensi gerakan pramuka terhadap perhatian lingkungan yang ada disekitarnya. Karena kita melihat sejauh ini khususnya di sungai Tenggarong sangat kotor dan perlu penanganan yang lebih serius," terang Aji Ali Husni, Sekretaris Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kukar. 

Dikatakannya, sungai Tenggarong telah lama menjadi andalan warga yang bermukim di sekitarnya khususnya untuk kebutuhan MCK (Mandi Cuci Kakus) sehingga harus dijaga kebersihannya.

"Kita gerakan pramuka mencoba mengajak masyarakat untuk berperan menjaga kebersihan di sekitar sungai Tenggarong ini," ujar Ali.

Dalam kegiatan itu pihaknya menggandeng Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang (DCKTR) Kukar untuk pengangkutan sampah yang telah dikumpulkan untuk selanjutnya dibuang ke TPA (Tempat Pembuangan Akhir).

Selain membersihkan sungai, kata Ali, juga dilakukan kegiatan pengecatan trotoar dan pembersihan lingkungan di sekitar masjid Agung Sultan Sulaiman serta masjid Jami Hasanoeddin.

"Harapan kami dari Kwartir Cabang, kegiatan bakti sosial ini akan dilaksanakan kembali ditingkat gugus depan atau di tingkat kwartir ranting. sehingga nantinya di daerah-daerah itu tetap memperhatikan bagaimana menjaga lingkungan yang bersih," imbuhnya.

Ditambahkan Ali, kegiatan bakti sosial yang melibatkan sekitar 250 anggota pramuka peserta raimuna ini diharapkan bisa memotivasi sekaligus mengingatkan kalangan masyarakat luas tentang pentingnya lingkungan yang sehat.

"Mudah-mudahan ini juga menjadi contoh bagi teman-teman di organisasi lain dalam memperhatikan lingkungan," pungkasnya. (end)

Anggota pramuka peserta raimuna juga melakukan bakti sosial di lingkungan masjid Agung Sultan Sulaiman
Foto: Endi



Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top