Mahakam International Dragon Boat Festival 2016 Siap Digelar

Memasuki tahun ketiga Dispora Kukar kembali menggelar Mahakam International Dragon Boat Festival 2016
Foto: Endi

Mahakam International Dragon Boat Festival ke-3 yang dihelat Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) dipastikan akan digelar pada 21-26 Oktober 2016.

"Untuk persiapannya sudah 85 persen, jadi untuk para peserta luar negeri kita menyiapkan fasilitas, mulai dari transport darat, penjemputan Balikpapan sampai ke Tenggarong termasuk nanti pemulangan, serta akomodasi dan konsumsi di hotel," ujar Kartika Sari, PPTK Mahakam International Dragon Boat Festival 2016.

Dikatakannya, meski pada awal pendaftaran ada 9 negara yang akan mengirimkan timnya, namun karena lomba ini bertepatan dengan sejumlah agenda pertandingan yang sama di beberapa provinsi dan negara luar, maka hanya ada 3 tim yang ikut serta.

"Ada 3 negara luar yang mengikuti festival ini, Brunei Darussalam, Australia, dan Filipina yang mengirimkan 2 tim. Nanti ada tim mewakili Indonesia, kita minta kalau bisa dari Kukar, tapi masih berkoordinasi dengan Pengurus Besar Persatuan Olahraga Dayung Indonesia (PBPODSI) Pusat," terangnya, Kamis (13/10) kemarin.

Kartika menyebutkan, untuk kategori kelas yang dipertandingkan khusus 22 kru meliputi International Premier Mixed Open 1000 meter, International Premier Open (Man) 1000 meter, International Premier 500 meter, International (Premier Open Man) 500 meter, dan International Challenge Trophy 500 meter.

Sementara untuk 12 kru ada kategori International Premier (Open Man) 500 meter, International Premier Woman 500 meter, dan International Premier Mixed Open 500 meter.

"Lokasi pertandingan kita gunakan sungai Mahakam, sementara venuenya ada di pulau Kumala. Even ini bentuknya bukan kejuaraan atau kompetisi, tapi festival. Jadi lebih ke promosi pariwisata," tegas Kartika.

Bagi para pemenang dalam festival ini, sambungnya, panitia akan memberikan tropy, plakat, medali, piagam, serta uang pembinaan.

Menurutnya, pelaksanaan di tahun ketiga ini ada yang berbeda, nantinya usai digelarnya festival, seluruh peserta baik dari dalam maupun luar negeri akan diajak berwisata, kegiatan ini dilakukan untuk mengenalkan pariwisata yang ada di Kukar.

International Dragon Boat sendiri dilaksanakan bertepatan dengan gearan Festival Kota Raja (FKR) ke-IV dalam rangka peringatan HUT kota Tenggarong ke-234.

"Mudah-mudahan pelaksanaan di tahun ketiga ini berjalan dengan lancar, kemudian aman dan partisipasi masyarakat yang menonton pun lebih banyak," harap Kartika. (end)






Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top