Ratusan Warga Ikuti Launching Car Free Day

Launching Car Free Day di Tenggarong ditandai dengan pelepasan balon oleh Bupati Kukar, Rita Widyasari
Foto: Endi

Ratusan warga memadati Creative Park Tenggarong untuk mengikuti Launching Car Free Day atau hari bebas kendaraan, Minggu (06/11) yang merupakan hasil kerja sama Polres Kukar dan Forum Kukar Sehat.

Warga pun dihibur dengan penampilan sejumlah grup band lokal, aksi Polisi Cilik (Pocil), dan Marching Band pelajar SD dari Kecamatan Sanga-Sanga. Selain itu ada pula senam zumba, cek kesehatan gratis dan juga donor darah.

Bupati Kukar Rita Widyasari, mengatakan, Car Free Day merupakan upaya untuk mengurangi pemanasan global di dunia yang sudah dilakukan oleh negara-negara luar dan juga kota-kota besar di Indonesia. 

“Alhamdulillah Kutai Kartanegara menyumbangkan sedikit bagi bersihnya udara di dunia ini, karena CO2 yang dihasilkan dari knalpot motor atau mobil bisa menyebabkan pemanasan global yang akan merubah iklim, sehingga ini cukup menggelisahkan kita semua,” ujarnya.

Launching Car Free Day, lanjutnya, juga untuk menumbuh kembangkan UKM serta kreatifitas masyarakat seperti bermusik dan lainnya. “Semakin banyak acara-acara ditempat terbuka yang bisa dinikmati masyarakat tanpa mengeluarkan biaya yang mahal, ini akan meningkatkan indeks kebahagiaan kita,” tutur Rita.

Rita berharap, kegiatan ini akan berjalan secara kontinyu dan terus dilakukan pembenahan seperti penataan parkir serta himbauan kepada warga yang merokok di area Car Free Day. “ Kalau bisa yang merokok dikurangi di kawasan ini ,karena kita mencoba menghasilkan udara yang sehat,” tukasnya.

Sementara itu menurut Kapolres Kukar, AKBP Fadillah Zulkarnaen, warga kota Tenggarong di hari libur banyak yang berolahraga namun tidak terfokus pada satu tempat, sehingga pihaknya berinisiatif menjadikan Car Free Day sebagai wadah berkumpul sekaligus ajang silaturrahmi.

“Alhamdulillah tempat kita ini bisa dikatakan sangat mendukung, selain masih bersih, kendaraan juga tidak terlalu banyak. Saya berharap dari komunitas, masyarakat, Pemkab, dan FKPD bisa mendukung kegiatan ini agar bisa terus berlangsung,” ucap Zulkarnaen.

Dikatakannya, Car Free Day dilaksanakan tidak lain bertujuan agar bisa memberikan manfaat khususnya dari sisi kesehatan. “Kita harapkan generasi muda mudi menjadi generasi yang sehat dan kuat, mengapa demikian, karena Indonesia ini sudah dianggap sebagai darurat narkoba,” tegas Kapolres. 

Launching Car Free Day ditandai dengan pelepasan balon oleh Bupati Kukar Rita Widyasari yang didamping Ketua Forum Kukar Sehat Abrianto Amin, dan juga unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD).

Car Free Day sendiri telah dilaksanakan setiap hari Minggu dimulai dari pukul 06.00-09.00 Wita dengan kawasan seputar Jalan Jendral Sudirman hingga Jalan KH Akhmad Mukhsin atau depan Bank Kaltim. (end).









Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top