Bupati Karangasem Bali Bertandang Ke Kukar

Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumantri saat menyampaikan sambutan di Pendopo Bupati Odah Etam
Foto: Endi

Bupati Karangasem, I Gusti Ayu Mas Sumatri, didampingi Sekretaris Daerah (Sekda), I Gede Adnya Mulyadi, melakukan kunjungan kerja ke pemerintah kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Jum'at (13/01) kemarin.

Rombongan Bupati Karangasem tiba di Pendopo Bupati Odah Etam sekitar pukul 09.00 Wita dan diterima langsung oleh Wakil Bupati Kukar, Edi Damansyah, Asisten Bupati Bidang Perekonomian dan Pembangunan, H Sukhrawardy S, serta para Kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah).

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Edi Damansyah, menyampaikan rasa terima kasihnya atas kunjungan kerja pemkab Karangasem yang dirangkai dengan studi ke sejumlah OPD di lingkungan pemkab Kukar. 

"Sebetulnya kalau teman-teman dari provinsi Bali ke Kutai Kartanegara melakukan studi salah satunya di bidang pariwisata, kami merasa ciut duluan, karena bagaimana pun harus diakui, yang namanya pariwisata di republik ini bahkan dunia, yang dikenal itu adalah Bali," ujarnya.

Meski demikian, kata Edi, potensi pariwisata yang ada di Kukar cukup besar, seperti obyek wisata religius dan wisata alam, namun potensi ini belum bisa di eksploitasi dengan baik, karena dunia usaha atau swasta belum meliriknya dan masih terus melakukan kajian-kajian.

"Tapi pariwisata ini bagian dari sektor unggulan kita, termasuk pertanian dalam arti luas. Kami memang terus mendorong pariwisata dan pertanian menjadi sandaran kedepannya," ungkapnya.

Kukar saat ini, lanjutnya, bersandar kepada sumber daya alam yang tak terbaharukan seperti minyak, gas dan batu bara, sehingga dibawah kepemimpinan Bupati Rita Widyasari, pihaknya akan menjadikan pariwisata sebagai sumber daya alam yang terbaharukan.

"Kita mempersiapkan bagaimana kemampuan dari sumber daya alam yang tak terbarukan ini, kita bisa bergeser kepada sumber daya alam yang bisa diperbaharukan khususnya pertanian dalam arti luas, pariwisata dan sumber daya lainnya, ini bagian dari startegi kita," ucap Edi.

Sementara, Bupati I Gusti Ayu Mas Sumatri, yang membawa 47 Kepala SKPD, mengatakan, jika Karangasem merupakan salah satu 9 dari kabupaten/kota dan menjadi pusat sprititual di provinsi Bali.

"Jadi kalau ke Bali belum berkunjung ke tempat kami, itu belum lengkap. Kalau ingin ketenangan datang saja ke sana, karena yang disebut dengan pulau Dewata atau pulau para dewa tempatnya di kabupaten Karangasem," bebernya.

Bupati Wanita kelahiran tahun 1967 ini juga mengungkapkan jika pura terbesar terdapat di Karangasem. "Dimana pura Hindu terbesar di Bali bahkan di dunia yang kita sebut tanah suci umat Hindu, adalah di wilayah kami," cetusnya.

Dalam kesempatan itu, Bupati Karangasem menyampaikan permohonan kepada Wakil Bupati Edi Damansyah agar bisa melakukan konsultasi ke beberapa OPD terkait. "Kami dan semua SKPD tentu masing-masing memiliki alur yang berbeda-beda, seperti ke Bappeda dan Dinas Pariwisata," bebernya.

Dengan kunjungan ini, I Gusti Ayu Mas Sumatri berharap terjalin kerjasama antar kedua kabupaten. "Sehingga Kabupaten Karangasem dan Kutai Kartanegara bisa bersinergi, saling melengkapi kekurangan masing-masing dan saling memberikan kelebihan, jadi itulah harapan kami," demikian disampaikannya. (end)

Dari kiri, Sekda dan Bupati Karangasem, Wabup Kukar serta Asisten Bidang Perekonomian & Pembangunan
Foto: Endi


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top