13 Tim Ramaikan Lomba Begerakan Sahur

Salah satu tim peserta lomba Begerakan Sahur 2 saat tampil dihalaman masjid KH Muhammad Sadjid
Foto: R. Hidayat

Suara tetabuhan alat musik tradisional serta lantunan lagu Islami begitu terasa dalam lomba Begerakan Sahur 2 yang digagas IRMA (Ikatan Remaja Masjid) KH Muhammad Sadjid, Kelurahan Baru, Tenggarong, Minggu (11/06) dini hari.

Menurut Ketua IRMA KH Muhammad Sadjid, Fachroni Hidayat, dari target 20 peserta, hanya ada 13 tim yang mengikuti lomba. "Satu tim berasal dari Samarinda, satu tim dari Loa Janan, dan yang terjauh dari Muara Muntai," terangnya.

Dikatakan Fachroni, untuk kriteria penilaian berdasarkan pembawaan lagu serta alat musik yang digunakan. "Minimal dalam satu tim ada 7 orang dan maksimal 10 orang peserta," jelasnya.

Lomba ini sendiri lanjutnya, dimaksudkan untuk meningkatkan ukhuwah Islamiyah dan tali silaturrahmi antar peserta. "Semoga kita dalam mengadakan lomba mendapat keberkahan di bulan Ramadhan," kata Fachroni.

Kegiatan seperti ini, sambungnya, diharapkan dapat meningkatkan kreatifitas generasi muda dalam berkarya.

"Intinya jangan dilihat dari lombanya tapi diniatkan untuk beribadah dengan membangunkan masyarakat sekitar sini untuk sahur," cetus Fachroni.

Ditambahkannya, panitia memberikan piagam penghargaan untuk seluruh peserta, sedangkan untuk pemenang lomba yakni juara 1, 2 dan 3, pihaknya memberikan piala serta uang pembinaan.

Sementara itu Ketua Yayasan Masjid KH Muhammad Sadjid, H Syamsul Ma'arif menjelaskan, kegiatan ini dilaksanakan untuk memeriahkan datangnya bulan suci Ramadhan 1438 H.

"Sekaligus untuk melestarikan tradisi yang telah berlangsung pada tahun-tahun sebelumnya, karena begerakan sahur ini sudah ada sejak jaman dahulu," ujarnya.

Syamsul berharap, pada pelaksanaan lomba di tahun berikutnya jumlah peserta dapat lebih meningkat lagi. Ia juga menegaskan jika sumber dana lomba begerakan sahur berasal dari kas masjid KH Muhammad Sadjid dan dukungan sponsor.

Terakhir, Syamsul menyampaikan apresiasinya atas keikutsertaan peserta yang berasal dari kalangan generasi muda.

"Alhamdulillah generasi muda Islam saat ini sudah cukup membanggakan dan bisa kita andalkan. Mudah-mudahan kedepan lebih banyak lagi yang melaksanakan kegiatan seperti ini," pungkasnya. (end)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top