Di Kukar, 1.350 Pesepeda Ikuti Gowes Pesona Nusantara

Menpora Imam Nahrawi bersama istri dan Bupati Rita Widyasari ikut serta dalam Gowes Pesona Nusantara
Foto: Endi

1.350 pesepeda dari 4 kabupaten/kota Se-Kalimantan Timur (Kaltim) berkumpul di Creative Park Tenggarong mengikuti Gowes Pesona Nusantara 2017 bertajuk Senja di Kota Raja, Minggu (11/06) sore.

Seluruh peserta dilepas langsung oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Imam Nahrawi, didampingi Bupati Rita Widyasari, Sekda H Marli, Kadispora Kukar Awang Ilham, serta unsur FKPD.

Menpora bersama istri termasuk Bupati Kukar juga ikut serta dalam gowes tersebut dengan melintasi rute Jalan KH Akhmad Mukhsin, Wolter Monginsidi, Belida, Haji Masnandai, Lais, Patin, Imam Bonjol, hingga Ahmad Yani.

Selanjutnya Menpora dan peserta Gowes berhenti di halaman Kedaton Kesultanan Kutai Kartanegara untuk mengikuti prosesi pengambilan tanah yang dipimpin oleh Putera Mahkota HAP Adipati Praboe Anoem Soerya Adiningrat.

Saat ditemui sejumlah awak media, Menpora memberikan apresiasnya kepada seluruh peserta gowes yang sangat antusias mengikuti acara ini meski tengah melaksanakan ibadah puasa Ramadhan.

"Meskipun berpuasa harus tetap berolahraga, harus tetap bergowes, ini dicontohkan oleh seluruh masyarakat Kutai Kartanegara yang puasa tapi ternyata semuanya tetap sehat semua," ujarnya.

Menpora mengatakan, Kukar menjadi pilot project dalam program satu hari bersepeda sekaligus menjadi kabupaten ke 14 yang melaksanakan Gowes Pesona Nusantara.

"Pemerintah harus memberi ruang lebih luas kepada masyarakat kita beraktivitas dengan sepeda, seperti keluar rumah, ke kantor untuk sehari saja, ini nanti dilakukan secara nasional," cetus Imam.

Sementara Bupati Rita Widyasari menyambut baik program Kemenpora ini, sehingga dapat menjadi rintisan serta upaya mendorong masyarakat, baik dari pedesaan hingga perkotaan agar gemar berolahraga.

"Hal ini diamanatkan dalam Undang-undang Nomor 3 Tahun 2005 tentang Sistem Keolahragaan Nasional Pasal 75, bahwa masyarakat memiliki kesempatan yang sama dan seluas-luasnya untuk berperan serta dalam kegiatan keolahragaan," ucapnya.

Melalui Gowes Pesona Nusantara, kata Rita, diharapkan dapat menimbulkan minat masyarakat untuk terus berolahraga.

"Kegiatan ini pada hakekatnya merupakan implementasi dari instruksi Presiden Nomor 1 Tahun 2017 tentang Gerakan Masyarakat Sehat atau Germas," tegas Rita.

Gowes yang juga diikuti peserta dari 12 kecamatan di Kukar ini diakhiri dengan pembagian doorprize serta buka puasa bersama anak-anak yatim piatu.

Gowes Pesona Nusantara 2017 merupakan program nasional Gerakan Masyarakat Sehat, berlangsung dari sabang sampai Merauke dengan melewati 34 provinsi dan 90 kabupaten/kota dari tanggal 5 Mei-9 September 2017 mendatang. (adv/kominfo/k2n)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top