Pengunjung Wisata ke Kukar Lebih dari 100 Ribu Orang

Libur lebaran tahun ini ada lebih dari 100 pengunjung yang datang berwisata datang ke Kutai Kartanegara
Foto: Fairuz Zabady

Selama sepekan lebaran yakni sejak tanggal 26 Juni hingga 2 Juli 2017, lebih dari 100 ribu orang mengunjungi berbagai obyek wisata di Kutai Kartanegara (Kukar).

Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) Kukar, Sri Wahyuni, menjelaskan, ada 99.061 pelancong mengunjungi 4 daya tarik wisata yang dikelola OPD (Organisasi Perangkat Daerah) pimpinannya.

"Pulau Kumala dikunjungi 81.817 orang, Waduk Panji Sukarame  4.177 orang, dan Pantai Tanah Merah Samboja 12.700 pengunjung," rincinya.

Sementara Planetarium Jagad Raya sebanyak 367 pengunjung, hal itu dikarenakan obyek wisata ini hanya satu hari buka yang disebabkan oleh gangguan teknis. 

Obyek wisata lain yang juga menjadi pilihan wisatawan yakni  Ladaya, Museum Mulawarman, Museum Kayu, Desa Wisata Kedang Ipil dengan air terjun Kendua Raya, dan Pantai Biru Kersik.

Selain itu, pulau Pangempang Muara Badak yang didalamnya terdapat pantai Mutiara Indah, pantai Panritalopi, Pantai Kurma, dan tempat-tempat wisata sejarah lainnya juga ramai didatangi pengunjung.

"Bila dijumlah dengan ribuan angka kunjungan ke obyek wisata ini pasti lebih dari 100 ribu pengunjung," ujar Sri.

Angka kunjungan selama libur lebaran, kata Sri, juga berdampak pada pelaku usaha di daerah-daerah tujuan wisata yang mendapatkan manfaat ekonomi.

"Semakin ramai kunjungan, semakin besar dampak ganda yang didapat oleh pemda dan masyarakat. Semoga pelayanan dan fasilitas umum serta atraksi pariwisata di odah etam makin bertambah dengan dukungan dari semua kalangan," cetusnya. 

Sri pun menyampaikan apresiasinya atas dukungan pihak-pihak terkait yang telah membantu terciptanya kelancaran arus wisatawan, baik ketertiban maupun keamanan pengunjung selama libur lebaran.

"Terima kasih yang sebesar-besarnya kepada petugas keamanan dari Polres Kukar, Kodim 0906/Tenggarong, Dishub, Satpol PP, dan BPBD," ucapnya. (end)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top