Polisi Bekuk Dua Kawanan Pencuri Komponen Alat Berat di Muara Jawa

Anggota unit Reskrim Polsek Muara Jawa menunjukkan exavator yang komponennya hilang digasak pelaku
Foto: Istimewa

Dua kawanan pelaku pencurian dengan pemberatan (Curat) yang menyasar komponen alat berat milik sebuah perusahaan di Kelurahan Muara Kembang, Kecamatan Muara Jawa, dibekuk petugas kepolisian.

Dalam penangkapan tersebut, anggota unit reserse kriminal Kepolisian Sektor Muara Jawa berhasil mengamankan dua orang pelaku.

"Untuk pelaku sementara sudah 2 orang kita amankan, dan pelaku yang lain masih dalam pengejaran Tim Reskrim Polsek Muara Jawa," terang Kapolres Kukar melalui Kapolsek Muara Jawa AKP Triyanto, Selasa (05/09) lalu.

Dikatakannya, dari laporan pihak perusahaan, para pelaku pencurian beraksi dengan mengambil sejumlah komponen alat berat.

"Komponen alat berat merk exavator PC 200 yang hilang, yaitu kontrol panel, layar monitor, panel box, final drive dan mesin exavator ," rincinya.

Diungkapkan Triyanto, tersangka berinisial DS ditangkap dirumahnya beberapa saat setelah petugas Polsek Muara Jawa mendapatkan laporan pencurian tersebut. 

"Kronologis penangkapan sendiri berawal dari laporan pencurian alat berat yang diterima anggota yang kemudian bergerak cepat mendatangi TKP, dan memeriksa saksi-saksi," ujar Triyanto.

Hasil penyelidikan lantas mengarah ke rumah pelaku, DS pun berhasil ditangkap beserta barang bukti lainnya yang berada didalam rumahnya. 

"Hasil pengembangan dari pelaku DS, anggota unit Reskrim juga berhasil meringkus pelaku lainnya yakni SY di rumah kontrakannya, di daerah Bentuas Kelurahan Palaran, Samarinda," beber Triyanto.

Dari hasil interogasi yang dilakukan petugas, diketahui pelaku baru pertama kali melakukan pencurian komponen alat berat tersebut di Muara Jawa. 

"Akibat tindakan kejahatan yang dilakukan para pelaku, pihak perusahaan mengalami kerugian sekitar Rp 211,8 juta," sebutnya.

Saat ini, kata Triyanto, para tersangka telah diamankan di Polsek Muara Jawa untuk menjalani proses hukum lebih lanjut.

"Bersama para tersangka turut diamankan barang bukti beberapa buah kunci yang digunakan untuk melakukan pencurian," demikian jelasnya. (*)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top