Operasi Lilin Mahakam 2017: Plt Bupati dan Kapolres Kukar Ajak Wujudkan Kamtibmas

Plt Bupati Kukar Edi Damansyah saat meninjau pasukan dalam rangka Operasi Lilin Mahakam 2017
Foto: Humas Polres Kukar/Andik

Apel Gelar Pasukan dalam rangka Operasi Lilin Mahakam 2017 berlangsung di halaman depan Mako Polres Kutai Kartanegara (Kukar), Kamis (21/12) pagi.

Apel yang dipimpin Plt Bupati Edi Damansyah ini diikuti personil Polres Kukar, Kodim 0906/Tenggarong, Satuan Polisi Pamong Praja, Dinas Perhubungan, Senkom, serta barisan Pramuka Kwarcab Kukar.

Edi Damansyah menyampaikan, apel Operasi Lilin 2017 dilaksanakan dalam rangka pengamanan Natal dan Tahun Baru 2018, serta sebagai pengecekan akhir terhadap kesiapan seluruh personel pengamanan.

"Berikut perlengkapan sarana dan prasarana pendukungnya serta keterpaduan unsur lintas sektoral dalam pengamanan guna mewujudkan situasi kamtibmas yang aman dan kondusif," ujar Edi membacakan amanat tertulis Kapolri Jendral Polisi Tito Karnavian.

Operasi Lilin 2017 akan dilaksanakan serentak terhitung mulai 23 Desember 2017 hingga 1 Januari 2018 dengan mengedepankan kegiatan preventif, didukung kegiatan intelijen dan penegakan hukum.

"Beberapa ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan yang perlu diantisipasi adalah masih adanya potensi serangan teror, kemacetan lalu lintas, bencana alam, ketersediaan dan stabilitas harga kebutuhan pokok, potensi konflik dalam kehidupan masyarakat terkait perayaan Natal seperti aksi sweeping oleh Ormas," sambung Edi.

Apel gelar pasukan ini sendiri ditandai dengan penyematan pita oleh Plt Bupati Edi Damansyah kepada masing-masing perwakilan dari unsur TNI, Polri, Dinas Perhubungan dan Satpol PP, disaksikan unsur Muspida, instansi sipil, tokoh agama, masyarakat dan pemuda.

Secara khusus, Edi mengapreasiasi terciptanya situasi yang kondusif serta tatanan kehidupan sosial bermasyarakat di Kukar. "Ini tidak terlepas dari peran serta seluruh masyarakat dan pemangku kepentingan," cetusnya.

Sementara Kapolres Kukar AKBP Anwar Haidar, mengatakan, pada Operasi Lilin Mahakam 2017, pihaknya menerjunkan 600 orang personel untuk melakukan pengamanan terdiri dari unsur Polri,TNI dan pemerintah.

Senada dengan Edi Damansyah, Kapolres juga mengajak seluruh elemen masyarakat di Kukar untuk menjaga situasi keamanan tetap kondusif dengan mengedepankan toleransi antar pemeluk agama.

"Dalam perayaan natal dan tahun baru ini, mari kita kedepankan toleransi antar umat beragama, kemudian saat tahun baru kita hindari euforia," pintanya.

Kapolres juga menghimbau warga yang akan menghabiskan liburan dan meninggalkan rumah dalam keadaan kosong agar berkoordinasi dengan pihak kepolisian.

"Saya harapkan masyarakat bisa berkoordinasi dengan posko terdekat untuk melaporkan ketika rumahnya ditinggal, sehingga masyarakat tenang berlibur," harapnya.

Terkait pengamanan perayaan natal di Kukar, AKBP Anwar Haidar, menyebutkan, Polres Kukar menerjunkan kekuatan sebanyak 20 personil di setiap gereja.

Usai apel gelar pasukan, AKBP Anwar Haidar dan Plt Bupati Edi Damansyah bersama unsur Muspida memusnahkan barang bukti hasil operasi cipta kondisi (Ops Pekat) berupa miras sebanyak 652 botol. (end)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top