Pondok Pesantren Se-Kukar Diminta Bina Kesehatan Santrinya

Kegiatan penyuluhan dan pembinaan kesehatan pada pondok pesantren di aula kantor Kemenag Kukar
Foto: Istimewa

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakan Kemenag) Kutai Kartanegara (Kukar) H Fahmi, meminta agar pondok pesantren (Pontren) melakukan pembinaan kesehatan bagi santri-santrinya.

Hal ini disampaikannya saat membuka penyelenggaraan Penyuluhan dan Pembinaan Kesehatan Pada Pondok Pesantren se-Kabupaten Kukar yang dilaksanakan oleh Kasi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren, Jum'at (09/02) di aula kantor Kemenag.

Fahmi pun mengapresiasi kegiatan yang bekerjasama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kukar dalam memberikan penyuluhan dan Pembinaan pada Pondok Pesantren.

"Permasalahan kesehatan yang dihadapi santri-santri tidak beda dengan permasalahan yang dihadapi anak sekolah umum, bahkan bagi santri yang mondok akan bertambah lagi dengan masalah kesehatan lingkungan yang ada di pondok yang mereka tempati," ujarnya.

Karena itu dituntut peran aktif dari pesantren agar bekerjasama dengan pihak kesehatan untuk melakukan pembinaan kesehatan bagi santri-santri yang ada.

"Sehingga terwujudnya pola perilaku hidup bersih dan sehat bagi para santri dan pondok pesantren serta masyarakat dilingkungannya," kata Fahmi.

Ditambahkannya, penyakit kulit juga sangat rentan terjadi pada para santri. "Maka dengan kegiatan ini, semoga bisa mengurangi terjangkitnya penyakit kulit dikarenakan sudah mendapatkan informasi cara pencegahannya," harap Fahmi.

Sebagai narasumber, hadir M Ali Qamaruzzaman selaku Kasi Surveilans, Imunisasi dan PKLBH, serta Hj Syukriah sebagai Koordinator imunisasi dari Dinkes Kukar.

Selain bekerjasama dengan Dinkes Kukar, pihak kantor Kemenag juga menggandeng BRI Cabang Tenggarong dalam penyelenggaraan penyuluhan tersebut. (as/din/k2n)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top