Polres Kukar Musnahkan Ribuan Botol Miras Hingga Narkoba


Ribuan botol miras hasil operasi Polres Kukar dimusnahkan, terdapat pula ratusan liter miras tradisional
Foto: Endi

Sebanyak 2.349 botol minuman keras (Miras) dari berbagai merk dan narkotika jenis Shabu-shabu dimusnahkan di halaman belakang Mako Polres Kutai Kartanegara (Kukar), Senin (14/05) pagi.

Miras tersebut merupakan hasil giat operasi yang dilakukan beberapa waktu lalu, diantaranya terdapat 486 botol alkohol murni 70 persen, 200 liter miras Cap Tikus dan tuak 632 liter. 

Sedangkan Shabu merupakan barang bukti dari dua tersangka, dengan rincian 4 poket besar dan 1 poket kecil dengan berat kotor 178,34 gram, serta 2 poket besar ditambah 1 poket kecil berat kotor 71,60 gram.

"Barang bukti ini merupakan giat Polres Kukar yang melibatkan Polsek-polsek hasil operasi yang dilaksanakan dalam satu bulan terakhir," ujar Kapolres Kukar AKBP Anwar Haidar melalui Wakapolres Kompol Andre Anas.

Terkait peredaran miras yang kian mengkhawatirkan, ia mengungkapkan, dampak minuman beralkohol ini bisa membuat oknum masyarakat yang mengkonsumsinya berprilaku menjurus ke tindak pidana.

"Bisa dia berkelahi, mencuri, memperkosa, merampas dan tindakan-tindakan yang bersifat penyakit masyarakat (Pekat) lainnya setelah mengkonsumsi miras," sebut Kompol Andre Anas.

Ketua DPRD Kukar Salehuddin turut serta memusnahkan narkoba jenis Shabu-shabu di Mapolres Kukar
Foto: Endi

Menjelang datangnya bulan suci Ramadhan 1439 Hijriyah, dirinya menghimbau kepada seluruh masyarakat di Kukar agar segera melapor ke petugas kepolisian apabila menemukan peminum, penjual atau pun pihak yang memproduksi miras.

"Kalau ada masyarakat yang melihat tolong diinformasikan kepada level paling bawah seperti Bhabinkamtibmas hingga Kapolsek, atau pun kami di Polres," imbaunya.

Sementara itu mewakili Plt Bupati Kukar Edi Damansyah, Asisten Bupati Bidang Pemerintahan dan Kesra H Chairil Anwar, mengapresiasi jajaran Polres Kukar dalam memberantas peredaran miras serta narkoba yang kini telah menyentuh kalangan pelajar sekolah dasar.

"Mudah-mudahan kedepan kondisi keuangan kita mumpuni, kita akan support BNK (Badan Narkotika Kabupaten) untuk melakukan hal-hal yang berkaitan dengan edukasi kepada anak-anak didik kita," ucapnya.

Chairil pun meminta agar masyarakat dan pihak terkait mewaspadai peredaran narkoba, apalagi disinyalir pengedar barang haram ini melakukan transaksi ke daerah pelosok di kecamatan hulu Mahakam.

"Ini yang harus kita waspadai. Kami jajaran pemerintah kabupaten akan dukung terus pemberantasan narkoba, apa pun namanya, siapa pun yang ada dibelakangnya," tegas Chairil.

Selain jajaran Pejabat Utama (PJU) Polres Kukar, pemusnahan ini juga dihadiri Dandim 0906/Tenggarong Letkol Czi Bayu Kurniawan, Ketua DPRD Kukar Salehuddin S Sos S fil, serta Kasi Pidum Kejaksaan Negeri Kukar Budiman. (end)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top