Pasca Rumah Ambruk di Margasari, Edi Damansyah Himbau Warga Waspada

Plt Bupati Edi Damansyah saat mendatangi lokasi ambruknya 2 rumah di tepi Mahakam, Dusun Margasari
Foto: Endi

Plt Bupati Edi Damansyah mendatangi lokasi ambruknya dua rumah warga di tepi sungai Mahakam Jalan Poros Tenggarong-Samarinda, Dusun Margasari RT 04, Desa Jembayan, Kecamatan Loa Kulu, Sabtu (15/09) kemarin.

Didampingi Kabag Protokol dan Komunikasi Publik Setkab Kukar, Dafip Haryanto, Kepala BPBD Marsidik, Camat Loa Kulu Adriansyah beserta unsur Muspika, Plt Bupati memantau kondisi rumah serta berbincang dengan Ketua RT setempat.

“Tadi kita melihat langsung 2 Kepala Keluarga yang terkena musibah, sebetulnya ini tidak longsor tetapi terkena abrasi karena terkena DAS (Daerah Aliran Sungai),” katanya.

Edi mengatakan, kedatangannya sekaligus untuk bersilaturahmi dengan korban dan warga sekitar serta menyampaikan bantuan yang disalurkan oleh BPBPD Kukar.

“Dalam kesempatan ini saya menyampaikan himbauan untuk meningkatkan kewaspadaan. Kepada kedua Kepala Keluarga yang terkena musbah ini kita doakan diberikan kekuatan, ketabahan menerima cobaan, secara beban phsikologis kita memahami dan ikut merasakan,” ucapnya.

Plt Bupati menyerahkan bantuan kebutuhan dasar pangan kepada korban yang disalurkan BPBD Kukar
Foto: Endi

Edi juga mendengarkan masukan warga yang menginginkan kendaraan alat berat tidak melintas di Dusun Margasari karena mengkhawatirkan ada dampak dari getaran yang ditimbulkan terhadap tempat tinggal mereka.

“Kita tampung dulu, tetapi karena ruas jalan ini memang ruas jalan negara dan provinsi, jadi banyak pihak yang terlibat. Mungkin memang perlu pengaturan, nanti lewat internal kabupaten,” ujarnya.

Sementara itu Kepala BPBD Kukar Marsidik menyebutkan, 2 KK yang menjadi korban diberikan bantuan kebutuhan dasar bahan makanan serta peralatan dapur. ”Bantuan ini sesuai SOP bilamana terjadi bencana,” rincinya.

Untuk bantuan sosial lanjut Marsidik, pihaknya juga akan mengecek ulang dan mengupayakan rehab rekonstruksi pasca kejadian pada Jumat (14/09) lalu.

“Bilamana dana itu tersedia, maka secara prosedural akan dibantu sesuai anggaran disesuaikan dengan kebutuhan. Tentunya melalui verifikasi, kita hanya verifikator dan menyampaikan kepada bagian Kesra dan yang menyalurkan adalah BPKAD,” bebernya.

Masidik menambahkan, pasca menerima laporan ambruknya dua rumah warga di Dusun Margasari, BPBD langsung menurunkan anggotanya ke TKP dengan dibantu relawan, warga dan tim rescue lainnya. (end)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top