Semarakkan Tahun Baru Islam, Ribuan Pelajar di Tenggarong Ikuti Pawai Taaruf

Pelajar SD Negeri 002 Tenggarong turut menyemarakkan pawai taaruf  tahun baru Islam 1440 H
Foto: Endi

Pawai Taaruf menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharram 1440 Hijriyah di kota Tenggarong, Kutai Kartanegara (Kukar), Senin (10/11) pagi tadi, berlangsung semarak.

Ribuan pelajar SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA serta santri pondok pesantren nampak antusias mengikuti pawai yang di lepas Plt Bupati Kukar Edi Damansyah di halaman masjid Agung Sultan Sulaiman.

Diiringi penampilan marching band dari beberapa sekolah, sejumlah peserta pawai nampak membawa poster, diantaranya bertuliskan Save Gaza, nama-nama bulan dalam kalender Islam, lafaz Asmaul Husna, petikan ayat Al Qur'an dan hadist nabi, hingga miniatur Baitullah atau Ka'bah.

"Rangkaian peringatan 1 Muharam 1440 Hijriyah diawali dengan pawai. Nanti tanggal 20 sampai 22 September ada kegiatan Festival Muharram, Habsy dan tabliq akbar di Masjid Agung," kata Plt Bupati Edi Damansyah.

Kegiatan peringatan 1 Muharram ini, lanjutnya, sebagai wujud rasa syukur sekaligus bagian dari syiar Islam dan meningkatkan khasanah ilmu agama bagi umat muslim di Kukar.

"Dan yang lebih penting lagi meningkatkan semangat dalam beribadah untuk mengabdi kepada Allah SWT," ucap Edi.

Pawai taaruf menyambut tahun baru Islam 1440 H juga diikuti pelajar SMP IT Nurul Ilmi Tenggarong
Foto: Endi

Karenanya, Plt Bupati berkeinginan agar kegiatan seperti ini terus berlanjut setiap tahunnya. "Kita ingin nanti ada kemasan-kemasannya, sehingga di lain sisi syiar agamanya jalan, di lain sisi bagaimana pergerakan ekonomi kerakyatan juga bisa berjalan dengan baik," harapnya.

Senada dengan Edi Damansyah, Kabag Kesra Setkab Kukar, HM Arsyad, selaku penyelenggara kegiatan, mengatakan, pelaksanaan rangkaian peringatan tahun baru Islam kedepannya akan lebih ditingkatkan lagi.

"Harapan kedepan Insya Allah bersama Bapak Plt Bupati, kita akan memberikan inovasi yang baru lagi," ujarnya.

Arsyad sendiri menyampaikan apresiasi atas partisipasi peserta pawai taaruf  yang tidak hanya diikuti kalangan pelajar, namun juga masyarakat umum dan ormas. "Alhamdulillah hari ini pesertanya luar biasa sekali," cetusnya.

Dalam kesempatan itu, Putera Mahkota Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura H Adji Adipati Praboe Anoem Soerya Adiningrat, secara khusus turut menyampaikan ucapan tahun baru hijriyah.

"Kami pihak Kesultanan mengucapkan selamat tahun baru Islam dan memberikan support penyelenggaraan kegiatannya," ujarnya.

Pawai taaruf ini melintasi rute yang dimulai dari Jalan Panjaitan, Kartini, Kinibalu, Gunung Gandek, Danau Aji, Imam Bonjol, Jendral Sudirman, S Parman, dan berakhir di panggung kehormatan depan kedaton kesultanan Kutai. (end)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top