Dispora Kukar Targetkan Cetak 1.000 Entrepreneur Muda

Sekretaris Dispora Hero Suprayetno targetkan cetak 1.000 entrepreneur muda di kabupaten Kukar
Foto: R. Taufik

Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kukar, menargetkan akan mencetak 1.000 entrepreneur muda dalam 2 tahun kedepan. Saat ini entrepreneur muda sudah hampir mencapai 500 orang.

"Tantangan ke depan bagi Kukar adalah persoalan keterbatasan lapangan pekerjaan. Sehingga kemunculan para entrepreneur muda di Kukar sangat diharapkan untuk mengatasi tantangan yang akan datang," kata Sekretaris Dispora Kukar Hero Suprayetno.

Hero menyampaikan hal tersebut pada pelatihan kewirausahaan bagi pemuda yang digelar di Hotel Grand Elty Singgasana Tenggarong, Rabu (14/12/2018) lalu. "Harapan kami sebenarnya konsepnya bukan pelatihan dalam jangka waktu pendek seperti ini, tapi jangka panjang seperti praktik khusus latihan perbengkelan tapi ini biayanya terlalu besar," ujarnya.

Seminar yang dihadiri sekitar 300 peserta dari sejumlah mahasiswa, karang taruna, organisasi kepemudaan dan komunitas wirausaha ini, akan terus di monitor perkembangan pelatihannya sebagai bekal evaluasi ke depan.

"Ke depan, Dispora juga bakal menyasar hingga ke desa dan kecamatan lainnya, jadi tidak hanya terpusat di Tenggarong. Saat ini pengembangan bisnis bisa dilakukan lewat pendekatan teknologi digital karena hampir semua orang sudah punya ponsel android," tutur Hero.

Diharapkannya, adanya ponsel android dapat dimanfaatan untuk menambah pengetahuan, mengetahui mekanisme pasar, perizinan dan sistem perpajakan, serta mengetahui proses perijinan dalam menjual produk, terlebih jika produk itu harus diekspor.

"Pemanfaatan teknologi informasi bisa jadi nilai tambah dalam pengembangan usaha untuk peningkatkan perekonomian kita. Selain menumbuhkan jiwa wirausaha, pelatihan ini diharapkan bisa mencetak para pemuda dan mahasiswa yang kreatif, inovatif dan mandiri," harap Hero.

Sementara itu, narasumber asal Yogyakarta, Suryadin Laoddang yang hadir pada pelatihan bertemakan Digital Marketing 2018 ini membagikan beberapa tips dalam mengembangkan bisnis online lewat media sosial .

"Yakni dengan menjaring pelanggan melalui instagram, facebook, YouTube hingga whatsapp. Kalau memulai bisnis jangan kebanyakan mikir, mulailah dari sekarang," ucap pria yang memiliki akun instagram @dosenjualan itu. (rt/end)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top