Logistik Surat Suara Pileg 2019 Tiba di KPU Kukar

Sebanyak lebih dari 3 ribu surat suara pileg 2019 tiba di kantor Komisi Pemilihan Umum Kukar
Foto: Endi

Logistik surat suara pemilihan legislatif (pileg) 2019, tiba di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kutai Kartanegara (Kukar), Jalan Wolter Monginsidi, Tenggarong, Senin (25/02/2019) pagi.

Logistik ini sebelumnya dikirim dari Jakarta ke Kaltim melalui Pelabuhan Kariangau, Balikpapan. Tiga kontainer surat suara langsung dikirim ke lima daerah salah satunya Kukar.

Ketua KPU Kukar Junaidi Samsudin kepada media ini mengatakan, logistik yang diterima pada tahap pertama berjumlah sekitar 3 ribu surat suara.

"Tapi memang sementara ini yang datang itu cuma untuk pemilihan DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten/Kota dan DPD, yang Presiden itu belum kita terima," terangnya.

Sedangkan surat suara Pilpres akan dikirimkan pada tahap kedua yang diperkirakan tiba dalam beberapa hari kedepan.

"Logistik tahap kedua untuk Pilpres itu ada sekitar 250 kotak. Diperkirakan dalam 2-3 hari ini akan sandar di Balikpapan," ujar Junaidi.

Seluruh logistik yang disimpan didalam gudang KPU Kukar ini selanjutnya akan melalui proses sortir sebelum didistribusikan ke 18 kecamatan.

"Jadi setelah kami terima, surat suara ini kami registrasi dan hitung ulang, baru kita adakan penyortiran dan pelipatan," katanya.

Sementara untuk penyortiran dan pelipatan, pihaknya akan mengerahkan tenaga diluar KPU Kukar.

"Kita akan melibatkan orang luar sekitar 70 orang. Targetnya dua minggu selesai pelipatan. Setelah itu baru kita distribusikan ke kecamatan, desa dan kelurahan," bebernya.

Junaidi menyebutkan, seluruh logistik yang tiba dan disimpan di gudang KPU mendapatkan pengamanan dari personel Polres Kukar.

"Karena memang di Undang-undang PKPU pengamanan bisa melibatkan pihak kepolisian, proses pengawasan tetap di Panwas," demikian jelasnya. (end)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top